Medan, 23/12 (umsu.ac.id)- Kapoldasu Irjen Pol Eko Hadi Sutedjo, SH., M.Si menyambut gembira dan sepakat menjalin kerjasama dengan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU).

Kapoldasu menyampaikan hal itu saat menerima silaturahim Rektor UMSU Dr Agussani, MAP di ruang lantai II Mapoldasu, Senin (22/12). “Saya  mengucapkan terimakasih dan gembira dapat bertemu Pak Rektor, apalagi upaya kerjasama dua institusi ini bisa terjalin untuk kepentingan Polri dan UMSU serta untuk kemajuan bangsa,” kata Kapoldasu dalam silaturahim itu.

Pada kesempatan itu Rektor Dr Agussani, MAP hadir bersama Wakil Rektor I Dr Muhyarsyah, SE., M.Si, unsur BPH UMSU Drs H Firdaus Naly dan Sekretaris Program Studi Magister Ilmu Hukum Pascasarjana UMSU Dr Alfi Sahari, SH., M.Hum, sedangkan Kapoldasu didampingi Direktur Binmas Kombes Pol. Dr.H. Heri Subiansauri, SH., MH dan Direktur Intelkam Kombes Pol. I Nyoman Sumana Jaya.

Menurut Kapoldasu, kerjasama Polda dengan UMSU pasti sangat strategis. Untuk itu Kapoldasu mengaku senang mengembangkan hubungan kerjasama dengan UMSU yang cukup besar dan akan memiliki program doktor Ilmu Hukum. Dia percaya UMSU  sebagai PTS yang berpengaruh, memiliki mahasiswa 23.500 orang dan nomor 5 terbesar di antara 162 Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) se Indonesia, dapat diharapkan sebagai mitra bersama untuk menjawab ancaman dan fakta kejahatan serta pelanggaran yang sudah mulai terasa masuk di kampus-kampus. Kapoldasu mengidentifikasi pola kejahatan itu seperti bernuansa politis, telah masuk ke kampus. Maka, lanjut Kapoldasu, itu perlu peran kita bersama memberikan pencerahan kepada generasi muda sehingga mahasiswa punya pola pikir yang searah dengan kemajuan bangsa ini.

Kapoldasu yang juga berlatar belakang  dunia akademis, pernah sebagai gubernur AKPOL, cukup menaruh perhatian terhadap pengembangan akademik bagi Polri, mahasiswa dan masyarakat di Medan. Tanda apresiasi yang  luar biasa terhadap jalinan kerjasama segera dibangun bersama UMSU, Kapoldasu pada kesempatan itu menjamin kerjasama dengan UMSU dapat berlanjut pada kerjasama formal seperti menyiapkan penyidik Polri yang sarjana sampai ke polsek-polsek. Kapoldasu juga menyatakan bersyukur kampus-kampus di Medan cukup kondusif.

Ini karena prilaku mahasiswanya masih baik-baik serta enak diajak berdiskusi berbeda dengan daerah lain. Untuk itu terkait dengan kerjasama ini, lanjut Kapoldasu, dia bertekad akan menjadikan  Kota Medan sebagai destinasi bagi mahasiswa dalam dan luar negeri untuk belajar di daerah ini.

“Ini peluang kita Pak Rektor,” kata Kapoldasu yang saat itu langsung disambut oleh Rektor Dr Agussani, MAP yang juga Ketua Badan Pembina Olahraga Mahasiswa (Bapomi) Sumut untuk menghimpun 232 rektor PTS di Sumut guna mensinergikan potensi itu bersama Kapoldasu.  Tidak lupa, Kapoldasu juga menyatakan kesiapannya untuk mengisi kuliah umum di gedung baru Pascasarjana UMSU berlantai VII di Jalan Denai Medan yang dioperasikan pada awal Januari ini. “Jadwalnya kapan saja saya siap kuliah umum di UMSU. Silakan dijadwalkan Pak Rektor.”

Rektor UMSU Dr Agussani, MAP mengaku bangga dan mengapresiasi atas keterbukaan Kapoldasu merespons kerjasama ini. UMSU, kata rektor, segera menindaklanjutinya dengan membuat nota kesepahaman termasuk mendukung program Kapoldasu menciptakan Kamtibmas di Sumatera Utara. Silaturahim Kapoldasu dengan rektor UMSU ini yang ditandai saling tukar cenderamata berlangsung 1 jam lebih.

“Ini jarang terjadi baru kepada UMSU karena punya kesamaan pandangan dan pengalaman di dunia akademis, penegakan hukum, pengelolaan konflik sosial dan masalah lainnya,” kata Direktur Binmas Kombes Pol. Dr Heri Subiansauri, SH., MH saat menjamu rektor UMSU di ruangan Binmas di lantai IV usai silaturahim dengan Kapolda sore itu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.