Medan, 27/5 (umsu)- Agus Sani, mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) terpilih mewakili Kopertis Wilayah I Sumut-Aceh dalam pemilihan mahasiswa berprestasi tingkat nasional pada Agustus 2015 mendatang.

“Atas nama pimpinan universitas, saya mengapresiasi prestasi mahasiswa kita ini karena berhasil menjadi mahasiswa teladan di tingkat Kopertis wilayah I,” kata Rektor UMSU, Dr Agussani MAP didampingi Wakil Rektor III Dr H M Arifin Gultom MHum, Kabimawa Randiman SE MSi, di kampus UMSU Jalan Kapt Mukhtar Basri, Medan, Rabu (27/5).

Sebelumnya, pemilihan mahasiswa berprestasi atau teladan tingkat Kopertis wilayah I diikuti oleh 58 Perguruan Tinggi di wilayah Kopertis I Sumut-Aceh. Untuk mengapresiasi itu, Rektor UMSU secara simbolis menyerahkan tali asih kepada Agus Sani.

Menurut Agussani, prestasi mahasiswa UMSU yang menjadi mahasiswa teladan Kopertis ini telah mengulangi prestasi UMSU sebelum yang juga pernah melahirkan mahasiswa teladan kopertis wilayah I di antaranya Drs Ali Mukmin Siahaan (alm) era 1970-an, Drs Khairil Anwar MAP (alm), Hasyim Is, Drs Shohibul Anshor di era 1980-an. Untuk saat ini, prestasi ini berarti meningkat dari tahun-tahun sebelumnya di mana pada pemilihan mahasiswa berprestasi dua tahun sebelum ini, mahasiswa UMSU mampu meraih peringkat 7.

“Selain itu, Dosen UMSU juga pernah meraih dosen teladan Kopertis I di antaranya Dr Arifin Gultom, Faisal dan lain-lain. Jadi, prestasi mahasiswa kita yang menjadi mahasiswa teladan Kopertis I ini membanggakan kita,” ujar Agussani sembari mengapresiasi pihak Kopertis Wilayah I yang telah secara murni dan objektif dalam menilai dan menjalankan tugasnya.

Rektor UMSU Dr Agussani MAP didampingi Wakil Rektor III Dr H Arifin Gultom Mhum, Kabimawa Radiman SE Msi, Dosen Pendamping Junaidi MA, berpose bersama di ruang rapat rektorat kampus UMSU Jl Kapten Mukhtar Basri Medan pada Rabu (27/5), setelah pemberian tali asih kepada Mahasiswa Berprestasi Kopertis Wilayah I tahun 2015, Agus Sani, yang merupakan mahasiswa FE UMSU dan mahasiswa yang meraih juara nasional di Pekan Seni Mahasiswa Perguruan Tinggi Muhammadiyah se-Indonesia 2015 di Cirebon yaitu Liza Zahrina (FE) dan Roni Sanjani Azli (FH).

Ditambahkannya, predikat mahasiswa teladan ini tidak cukup hanya diukur di tingkatan Kopertis Wilayah I saja, namun diharapkan untuk menembus tingkat nasional. “Kita tidak pernah absen untuk mengikutsertakan mahasiswa kita yang berprestasi karena ini merupakan bagian dari Tridharma Perguruan Tinggi dan pembinaan universitas. Kita juga tidak ingin berhenti di situ saja melainkan nanti ada semacam laboratorium estafet akademik, seperti melanjutkan pendidikan, mengabdi di universitas dan lain-lain asalkan ada keinginan yang kuat dan kerja keras,” tegas Agussani sembari menyatakan mahasiswa ini akan dibimbing dan dilatih untuk persiapan tingkat nasional.

Begitupun, Agussani berharap agar kepada mahasiswa yang berprestasi ini tidak melupakan tugas utamanya yaitu menyelesaikan studi perkuliahan tepat pada waktunya. “Jangan menyombongkan diri, berleha-leha sehingga studi menjadi berlarut-larut. Kita ingin berhasil secara kreativitas juga berhasil secara akademik,” tegas Agussani. “Sebagai duta UMSU, maka juga bertugas sebagai corong universitas yang mempunyai kewajiban untuk menjaga nama baik almamater.”

Sementara itu, mahasiswa teladan Kopertis I, Agus Sani, mengatakan, ada empat indikator yang dinilai pada waktu itu yaitu Indeks Prestasi, Karya Tulis Ilmiah, kemampuan Bahasa Inggris, wawancara tes psikologi atau kepribadian. “Waktu itu saya membawakan karya ilmiah yang berjudul Membumikan Gerakan Investasi Sosial Infaq dan Sedekah,” katanya

Pemilihan mahasiswa berprestasi diikuti oleh 42 PTS se-Indonesia dan rombongan UMSU yang dipimpin oleh Dosen Pendamping, Junaidi MA, mengirimkan 5 peserta. Dari kelima orang itu, tiga mahasiswa UMSU meraih juara yaitu Liza Zahrina mahasiswa FE prodi Manajemen (Juara I Puisi), Roni Sanjani Azli mahasiswa Fakultas Hukum (Juara III Puisi) dan Tri Suci Handayani mahasiswa Fakultas Agama Islam (Juara I MTQ). Rombongan UMSU ini didampingi oleh Dosen Pendamping di antaranya Junaidi MA.

Dalam kesempatan itu, Rektor juga memberikan penghargaan serupa kepada mahasiswa UMSU yang meraih juara di tingkat nasional pada even Pekan Seni Mahasiswa Perguruan Tinggi Muhammadiyah se-Indonesia yang dilaksanakan oleh Lembaga Seni Budaya PP Muhammadiyah di Cirebon.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.