Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (FH UMSU) meluncurkan jurnal online (e-jurnal) untuk menampung dan mempublikasikan hasil tulisan dan penelitian dosen dan mahasiswa.

“Fakultas Hukum UMSU telah meluncurkan E-Jurnal Ilmu Hukum “De Lega Lata” dan E-Jurnal “Restitusi” FH UMSU untuk menampung tulisan-tulisan dosen dan mahasiswa,” ungkap Dekan FH UMSU, Ida Hanifah, SH., MH. didampingi Wakil Dekan I Faisal, SH, M Hum kepada wartawan di Medan, Selasa.

Dijelaskan dia, peluncuran e-Jurnal ini merujuk pada Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2011 tentang Terbitan Berkala Ilmiah dan Peraturan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pedoman Akreditasi Terbitan Berkala Ilmiah, yang  mengharuskan penerbitan jurnal dalam bentuk jurnal online.

Lebih lanjut, keberadaan jurnal online di lingkungan Fakultas Hukum UMSU, memiliki peran strategis dalam peningkaan kualitas karya ilmiah yang dihasilkan dosen dan mahasiswa.  Ini juga bagian  pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi dengan melakukan peneltian dan penulisan karya ilmiah.

“Penelitian dan penulisan karya ilmiah ini perlu ditingkatkan kualitasnya terlebih lagi bagi dosen maupun mahasiswa, Fakultas Hukum mempunyai visi peningkatan mutu lulusan yang berwawasan keilmuan, salah satu hal yang dapat meningkatkan visi tersebut adalah dengan menulis.

Selain peluncuran e-Jurnal De Lega Lata,  UMSU juga mengenalkan e-Jurnal Restitusi untuk memuat tulisan-tulisan mahasiswa. Sedangkan  tulisan yang telah dimuat dalam e-Jurnal Restitusi akan menjadi salah satu syarat bagi mahasiswa yang ingin menyelesaikan gelar sarjananya.

Peluncuran dan Pengenalan e-Jurnal ini adalah langkah awal, setelah peluncuran dan pengenalan e-Jurnal ini kemudian akan direncanakan kegiatan pelatihan penulisan bagi dosen FH UMSU maupun mahasiswa agar dapat mengembangkan minat dan bakat dalam penelitian dan penulisan karya ilmiah.

“Pelatihan penulisan diharapkan akan menjadi sarana pendukung bagi e-Jurnal De Lega Lata dan e-Jurnal Restitusi demi mendapatkan akreditasi Jurnal Nasional dan dalam jangka panjang FH UMSU akan membuat program peningkatan dan pengelolaan e-Jurnal agar mendapatkan akreditasi Jurnal Internasional,” kata Ida Hanifah.

Sebagai Narasumber dalam kegiatan tersebut pimpinan Redaksi e-Jurnal De Lega Lata  dan e-Jurnal Restitusi Dr. Tengku Erwinsyahbana, SH., M.Hum., Dr. Ramlan, SH., M.Hum.

De Lega Lata dan Restitusi merupakan Jurnal On Line di bawah pengelolaan FH UMSU yang akan memuat tulisan bertemakan hukum, tulisan tersebut bisa datang dari Dosen-dosen UMSU maupun dari Dosen-dosen luar lingkungan UMSU, tidak menutup kemungkinan tulisan dari Masyarakat, Lembaga Swadaya, Lembaga Pemerintahan maupun Lembaga Swasta juga dapat berkontribusi mengirimkan tulisan ke redaksi untuk dimuat dalam jurnal on-line tersebut.

“Hal tersebut dimaksudkan untuk mengapresiasi karya tulis dan buah pemikiran dari orang lain,” tambah Faisal.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.