Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara mengirimkan salah satu alumni terbaiknya yang baru menyelesaikan studi mengikuti kegiatan pelatihan pengajaran Bahasa Inggris Internasional di Dilli, Timor Leste.

“Alumni UMSU Tahun 2014, Rani Rakasiwi kita pilih berangkat mengikuti pelatihan internasional mengajar Bahasa Inggris ke Dilli atas sponsor RELO (The Regional English Language Office),” kata Wakil Rektor I UMSU , Dr H Muhammad Arifin, SH, M Hum didampingi Ketua Prodi Bahasa Inggris, FKIP, Hj Dewi Kesuma Nasution, M Hum dan Sekertaris, Mandra Saragih, SPd, M Hum di Medan, Selasa (2/2).

Menurut dia, UMSU pada prinsipnya terus mendukung alumni untuk mengembangkan diri karena bagian dari almamater. Dalam hal ini UMSU juga sangat berkepentingan membina hubungan baik dengan alumni karena membawa nama universitas.

“Dukungan yang diberikan UMSU untuk alumni yang baru menyelesaikan studi dalam mengikuti pelatihan internasional Bahasa Inggris d Timor Leste diharapkan membawa kemajuan teknis pengajaran Bahasa Inggris yang efektif,” kata Arifin.

Sementara itu Ketua Prodi Bahasa Inggris FKIP UMSU,  Dewi Kesuma Nasution mengatakan, ada sebanyak 16 universitas dari Indonesia yang diminta mengirimkan satu alumni terbaiknya mengikuti pelatihan internasional pengajaran Bahasa Inggris. Dari Sumatera Utara hanya UMSU yang diminta untuk mengirimkan alumninya  mengikuti English Language Training (ELT) yang disponsori RELO.

Diharapkan ilmu dari pelatihan bisa diaplikasikan dalam mengajar Bahasa Inggris sehingga kemampuan peserta didik dalam menyerap pelajaran lebih meningkat,” katanya.

Keikutsertaan UMSU dalam kegiatan ELT International Conferences, jelas Sekertaris Prodi Bahasa Inggris FKIP UMSU, Mandra Saragih, bermula dari permintaan RELO sebagai sponsor kepada Prodi Bahasa Inggris FKIP UMSU agar mengirimkan alumni yang baru menyelesaikan studi.Dari situ dilakukan seleksi terhadap para mahasiswa yang baru menyelesaikan studinya dan terpilihlah Rani Rakasiswi mewakili UMSU karena dianggap punya kapabilitas untuk ikut sebagai peserta dalam pelatihan internasional.

“Rekomendasi Prodi Bahasa Inggris FKIP UMSU langsung diterima RELO,” katanya.

Rani sendiri mengaku senang karena Prodi Bahasa Inggris FKIP UMSU tempatnya pernah menimba ilmu memilihnya untuk mengikuti pelatihan internasional. Rani yang mengaku  menjadi pengajar Bahasa Inggris disela aktifitasnya melanjutkan pendidikan di pasca sarjana tak menduga bisa terpilih mengikuti pelatihan internasional.

“Saya senang karena pelatihan internasional ini bisa menambah wawasan dan pengalaman yang berharga. Pastinya kemampuan mengajar Bahasa Inggris akan terasah sehingga bisa lebih kreatif lagi dalam mengajar,” katanya.

Pelatihan internasional Bahasa Inggris direncanakan akan berlangsung mulai, 4-7 Februari 2016. Rani nantinya akan didampingi dosen pendamping  Sheridan Honore dari  The English Language Fellow,  program yang dijalankan oleh sebuah badan perwakilan Amerika Serikat yakni Regional English Language Officer (RELO).

Sebelumnya RELO mengadakan seleksi ke berbagai universitas yang ada di Indonesia untuk menjadi tuan rumah guna menempatkan tenaga pengajar terbaiknya mengajar di universitas terpilih. UMSU melalui Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP, terpilih menjadi tuan rumah bagi The EL Fellow Program yang dijalankan Pemerintah Amerika Serikat untuk mempromosikan saling pengertian antara Indonesia dan Amerika melalui program informasi, pendidikan dan budaya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.