Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara menggelar Pekan Ilmiah dan Kreatifitas Mahasiswa atau PIKM sebagai rangkaian acara memeriahkan hari lahir atau Milad  UMSU ke-59 yang dimulai Senin (22/2) sampai 27 Februari. Sedangkan pada 28 Februari diadakan gerak jalan santai untuk warga Muhammadiyah.

Rektor UMSU Dr Agussani, MAP, mengatakan, PIKM merupakan wadah untuk melihat potensi minat dan bakat mahasiswa untuk dikembangkan sehingga ke depan dapat mewakili UMSU dalam even nasional dan internasional.

“Hasil dari kegiatan ini agar dapat memunculkan mahasiswa yang kreatif sekaligus memiliki prestasi dalam bidang akademik,” katanya.

Menurutnya, dalam perjalanan perkembangan UMSU telah menorehkan prestasi baik tingkat nasional maupun internasional. Ada sejumlah mahasiswa yang memperoleh prestasi internasional Juwita Niza Wasni yang meraih emas pada ajang kejuaraan dunia Wushu. Di bidang akademik  mahasiswa UMSU atas nama Meidina Sembiring terpilih mewakili ASEAN dalam pertukaran pelajar ke Amerika.

Lebih lanjut dikatakannya, UMSU akan terus berupaya selangkah demi selangkah untuk bisa sejajar dengan universitas ternama di Indonesia melalui penguatan terhadap kualitas lulusan tidak hanya terampil dalam bidang akademik tetapi juga memiliki ketrampilan soft skill.

Dia bersyukur UMSU berkembang seperti ini tidak terlepas dari komitmen para pemimpin pendahulu karena prestasi tidak bisa dicapai tanpa kesungguhan. Pengalamannya kuliah di UMSU tahun 1976 di kampus Gedung Arca saat itu mahasiswa masih 132 orang jumlahnya. Kampus ketika itu terasa sangat luas sehingga mahasiswa bisa bermain bola. Namun kader yang lahir tahun 1976 sampai 1980-an saat ini banyak berkiprah dan memberikan sumbangsih baik bidang ekonomi sebagai pengusaha maupun dalam pemerintahan. “Saya bersyukur diberi amanah memimpin UMSU yang dulunya cikal bakal UMSU dari Fakultas Filsafat Hukum di bawah universitas Muhammadiyah Sumatera Barat. Namun saat ini perkembangan UMSU jauh lebih maju dari Universitas yang melahirkannya, bahkan UMSU jadi Pembina Universitas Muhammadiyah Sumbar,” katanya.

Sementara Wakil Rektor III Rudianto, S.Sos, M.Si selaku ketua panita PIKM menyampaikan  acara ini diikuti 444 orang. Adapun perlombaan yang diadakan di antaranya,  ON-MIPA, debat Bahasa Inggris, MTQ, perlombaan tari, vokal solo, puisi, musikalisasi  puisi, mahasiswa berprestasi, seminar kewirausahaan, presentase proposal business plan, presentase proposal PKM.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.