Rektor Universitas Muhammadiyah Sumut, Dr Agussani, MAP siap melanjutkan dan meningkatkan kerjasama dengan Persatuan Wartawan Indonesia Sumut dalam rangka penguatan sumber daya manusia melalui pelatihan dan pendidikan.

“Kerjasama UMSU dengan PWI Sumut akan terus dilanjutkan dan ditingkatkan dalam rangka pengembangan sumber daya manusia untuk penguatan PWI dan mahasiswa di bidang pendidikan,” kata Rektor UMSU, Dr Agussani, MAP saat menerima audensi Pengurus Harian PWI Sumut yang dipimpin, H Hermansjah, SE selaku ketua di Kampus UMSU Jalan Mukhtar Basri, Medan, Jumat (18/3).

Menurut Agussani, PWI memiliki peran strategis khususnya dalam memberikan pencerahan kepada masyarakat melalui informasi pemberitaan di media massa. Peran PWI sejalan dengan misi pendidikan dalam mencerdaskan masyarakat sehingga mampu menghadapi berbagai tantangan termasuk menyahuti tuntutan Masyarakat Ekonomi AsEAN.

Dijelaskan dia, UMSU saat ini secara bertahap terus berupaya melakukan tata kelola pendidikan yang baik dengan menyiapkan sarana dan parasarana serta jejaring untuk meningkatkan kualitas lulusan sehingga mampu  bersaing khususnya menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN. Ketatnya persaingan menghadapi pasar bebas ASEAN itu tentu dibutuhkan kesiapan Perguruan tinggi, termasuk dengan melakukan kerjasama dengan lembaga lain.

Dalam kesempatan itu, Rektor UMSU menawarkan anggota dan keluarga PWI Sumut untuk melanjutkan pendidikan untuk jenjang sarjana dan pascasarjana. “Teknis pelaksanaanya, nantinya akan diatur selanjutnya,” katanya.

Lebih lanjut, UMSU saat ini mengasuh sebanyak 24.000 lebih mahasiswa yang merupakan jumlah terbanyak untuk perguruan tinggi swasta di Sumatera Utara. Hal ini merupakan bukti tingginya kepercayaan masyarakat yang sudah seharusnya dijawab dengan peningkatan kualitas pelayanan akademik.

Berikan Sumbangan

Berkaitan dengan pelaksanaan Peringatan Hari Pers Nasional ke 70 Tahun 2016, UMSU juga siap berpartisipasi guna memeriahkan  rangkaian kegiatan yang puncaknya berupa gerak jalan santai, Tanggal 27 Maret 2016 di Lapangan Merdeka, Medan. Untuk itu Rektor UMSU, Dr Agussani, MAP menyerahkan sumbangan berupa sepeda gunung, televisi dan berbagai hadiah lainnya untuk lucky draw.

“Saya sebagai pribadi, nantinya juga akan memberikan hadiah lucky drwa untuk peserta gerak jalan,” katanya.

Sementara itu, Ketua PWI Sumut, H Hermansjah, SE mengatakan, kerjasama dengan UMSU sangat strategis karena salah satu universitas swasta pilihan masyarakat dan terbesar di Sumatera Utara. “Sinergi wartawan dengan UMSU harus terus dirajut untuk mencerdaskan masyarakat,” katanya yang didampingi unsur pengurus PWI, H, Agus S Lubis, Zul Anwar Marbun, Eddy Syahputra, Djalaluddin dan Khairul MUslim.

Menurut dia, pertumbuhan UMSU enam tahun belakangan ini sangat luar biasa sehingga membutuhkan manajemen dan pengaturan yang baik. PWI Sumut terus mengikuti perkembangan UMSU yang begitu menggembirakan sehingga menjadi salah satu pilihan wartawan untuk mengabdi sebagai dosen, juga keluarga yang anaknya ingin melanjutkan pendidikan tinggi.

Dalam kesempatan itu, Herwmansjah juga memberikan apresiasi kepada Rektor UMSU yang ikut berpatisipasi dalam memeriahkan Peringatan Hari Pers Nasional. Dia juga berharap UMSU pro aktif menyikapi persoalan-persoalan aktual di masyarakat.

“PWI siap berkontribusi mengangkat pemikiran yang ada di UMSU terkait, persoalan-persoalan aktual,” katanya.***
 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.