Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) kembali menyerahkan bantuan peralatan medis ke Rumah Sakit (RS) Haji Medan sebagai lanjutan kerjasama menjadikan rumah sakit pendidikan utama bagi fakultas kedokteran.

“Mudah-mudahan dengan bantuan ini bisa digunakan melengkapi  sarana untuk pendidikan mahasiswa yang sedang melaksanakan Co Ass, terutama mahasiswa FK UMSU,” kata Wakil Rektor I, Dr H Muhammad Arifin , SH M HUm saat memberikan bantuan berupa manekin simulasi trauma, menekin CPR dan the prompt birthing simulator, Senin (28/3).

Menurut dia, bantuan yang diberikan UMSU ke pihak RS Haji Medan juga sebagai wujud simbiosis mutual karena disiapkan menjadi rumah sakit pendidikan utama Fakultas Kedokteran (FK)  sebagai tindak lanjut kerja sama.

“Tapi bukan berarti monopoli UMSU, mahasiswa fakultas kedokteran lain juga boleh menggunakan fasilitas bantuan yang diberikan karena prinsipnya untuk meningkatkan kualitas pendidikan kedokteran,” katanya didampingi Dekan FK UMSU, dr Ade Taufik, SpOG, dan Wakil Dekan 3, dr Delyuzar.

Dijelaskan Arifin, UMSU berkomitmen membantu Rumah Sakit Haji dalam rangka meningkatkan pelayanan terutama dalam menghadapi Akreditasi Rumah Sakit dan Akreditasi Rumah Sakit Pendidikan Tahun 2017. UMSU memiliki Fakultas Kedokteran yang telah menyandang predikat B, memiliki tanggung jawab terhadap peningkatan mutu layanan rumah sakit. Apalagi saat ini mahasiswa kedokteran UMSU melakukan praktik dokter muda/koas (co-asistens ) di rumah sakit ini yang telah berjalan baik.

Ada sebanyak 158 mahasiswa FK UMSU yang saat ini melakukan praktik dokter muda (co-asistens ) di Rumah Sakit Haji Medan. Kegiatan itu selama ini berjalan dengan sangat baik sehingga memudahkan bagi para mahasiswa untuk meningkatkan keterampilan dan wawasan tentang profesi dokter.

Selain memberikan bantuan UMSU juga siap mendampingi RSU Haji termasuk membantu dari sisi tenaga sumber daya manusia untuk menyukseskan proses akreditasi tahun 2016 dan meraih akreditasi Rumah Sakit Pendidikan Tahun 2017. Melalui kerja sama tersebut, Rumah Sakit Haji nantinya menjadi rumah sakit pendidikan utama Fakultas Kedokteran UMSU.

Sebelumnya, UMSU telah memberikan paket bantuan kepada pihak RSU Haji, antara lain berupa mesin fotokopi, komputer, laptop, LCD proyektor, lemari dokumen, kursi lipat serta lemari bernilai ratusan juta rupiah.

Sementara itu Direktur Rumah Sakit Haji Medan, dr. Diah Retno Wilakskusuma Ningtyas mengatakan, sangat bergembira menerima kembali bantuan dari UMSU. Dia berharap bantuan peralatan medis yang diberikan UMSU dapat bermanfaat sehingga lulusan fakultas kedokteran yang melakukan praktik dokter muda di tempatnya bisa meningkatkan kualitas.

Menurutnya, kerjasama dengan UMSU sangat membantu dan saling menguntungkan karena bisa  menutupi kekurangan dan Perbaikan fasilitas rumah sakit, yang pada gilirannya akan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Kerjasama dengan Fakultas Kedokteran UMSU dalam rangka peningkatan pelayanan rumah sakit juga penting dalam menghadapi proses akreditasi Tahun 2016 dan akreditasi rumah sakit pendidikan Tahun 2017,” katanya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.