Sebanyak 3250 mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) mendaftar mengikuti wisuda priode I Tahun 2016 yang akan dilaksanakan selama tiga hari mulai 12 s/d 14 April 2016 di di Hotel Selecta Conventional Hall, Jalan Listrik, Medan.

Wisuda tersebut akan dihadiri langsung Sekretaris PP Muhammadiyah Dr.H Abdul Mu’ti, M.Ed., Koordinator Kopertis Wilayah I Sumut Prof Dian Armanto, MSp, MA, MPd, PhD, Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Sumut Prof Dr Hasyimsah Nasution, MA, Ketua BPH UMSU, Drs Firdaus Naly, Kopertais , dan APTISI Sumut.

Rektor UMSU Dr Agussani MAP didampingi Ketua Panitia Wisuda Sarjana dan Pascasarjana UMSU Dr H Muhammad Arifin, SH M Hum, Sabtu (9/4) mengungkapkan besarnya jumlah mahasiswa yang mengikuti wisuda priode pertama menjadi satu kebanggaan karena menunjukkan kesesuaian dengan program akademik, sekaligus memenuhi kesesuaian jumlah mahasiswa yang masuk dengan yang lulus. Setiap mahasiswa diharapkan mampu menyelesaikan kuliahnya tepat waktu sesuai masa akademik selama 3,5- 4 tahun.

Rektor juga memberikan apresiasi yang tinggi kepada masyarakat Sumatera Utara yang telah memberikan kepercayaan kepada UMSU sebagai lembaga untuk melanjutkan pendidikan dan menimba ilmu pengetahuan. “Kepercayaan yang diberikan masyarakat tersebut sudah seharusnya diimbangi dengan peningkatan pelayanan administrasi dan peningkatan kualitas pendidikan,” katanya.

Dijelaskan dia, UMSU terus berupaya melakukan pembenahan dan pemenuhan fasilitas, sarana dan prasarana pendidikan untuk mendukung kelancaran proses pendidikan. Selain itu juga, dilakukan pembenahan guna peningkatan kualitas sumber daya manusia dalam rangka meningkatkan kualitas lulusan.

UMSU sangat menyadari besarnya tantangan yang dihadapi seiring dengan tuntutan dan perubahan zaman yang ditandai dengan pesatnya perkembangan teknologi. Untuk itu UMSU senantiasa berupaya melahirkan lulusan yang berkualitas sehingga mampu menjawab kebutuhan masyarakat.

“UMSU telah bertekad melahirkan lulusan yang tidak hanya memiliki keterampilan akademik dan intelektual , tapi sekaligus memiliki kecerdasan sosial dan spiritual melalui pendidikan Al Islam dan Kemuhammadiyahan,” katanya.

Menurutnya, UMSU saat ini juga telah menyusun kurikulum yang sesuai dengan tuntutan dunia kerja dan dunia usaha maupun industri guna melahirkan lulusan yang diharapkan memiliki kemandirian di bidang kewirausahaan (enterprenuership). Dengan kata lain, lulusan UMSU juga dibekali keterampilan kewirausahaan sehingga tidak harus menjadi pencari kerja tapi hendaknya mampu membuka lapangan pekerjaan yang dibutuhkan masyarakat.

Sementara Wakil Rektor I Bidang Akademik, Dr H Muhammad Arifin, SH, M Hum mengungkapkan, terkait dengan wisuda UMSU selaku panitia menyampaikan maaf karena akan terganggunya sejumlah ruas jalan di sekitar lokasi wisuda selama tiga hari.

” Kami sebagai panitia pelaksana wisuda menyampaikan maaf kepada masyarakat pengguna jalan sekiranya selama tiga hari pelaksanaan wisuda di Hotel Selecta terjadi kemacetan di seputaran Jalan Listrik,” katanya.

Oleh karenanya, diimbau kepada pengguna jalan agar menghindari jalan di seputaran Jalan Listrik agar tidak terjebak macet khususnya pada tengah hari sekitar pukul 12.30 WIB usai pelaksanaan wisuda,

Dalam kesempatan itu dia juga menyampaikan kepada para wisudawan untuk bisa mempraktekan ilmu yang diperoleh di kampus sehingga memberikan manfaat di tengah-tengah masyarakat. “Kami tentu mendoakan agar para lulusan bisa segera bekerja sesuai dengan bidang keilmuannya atau mandiri dengan usahanya,” katanya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.