Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtanadi Provinsi Sumut menggandeng Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) untuk melakukan serangkaian program pengembangan SDM dan manajemen pengelolaan air minum terbesar kedua di Indonesia itu.

Hal itu dituangkan dalam nota kesepahaman (MoU) dan perjanjian kerjasama (MOA) yang diteken langsung oleh Rektor UMSU Dr Agussani, MAP dan Dirut PDAM Tirtanadi Sutedi Raharjo, ST di Kampus Pascasarjana UMSU Jl Denai Medan, Kamis (28/4).

Proses penandatanganan dua naskah kerjasama itu disaksikan keluarga besar UMSU dihadiri Ketua Badan Pembina Harian UMSU, Firdaus Naly, Sekertaris BPH, Bahril Datuk, Pembantu Rektor Dr Muhammad Arifin Gultom, Akrim, MPd, Rudianto, M.Si, Sekretaris Rektor Gunawan, MA, Direktur Pascasarjana Prof Dr Ediwarman, Ketua Prodi Magister Manajemen Dr Syahrir Effendi Pasaribu yang juga mantan Dirut PDAM Tirtanadi, dekanat, ketua-ketua Prodi Strata 1 dan magister, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Dr Muhammad Said Siregar, Ketua LPJK, serta para dosen.

Sedangkan dari PDAM Tirtanadi turut menyaksikan Kepala Divisi SDM Parlindungan Siregar, Kepala Bidang Kepegawaian Sudiono, Plt Kepala Divisi PR Syawal Hutasuhut.

Usai acara Rektor UMSU Dr Agussani didampingi Kabag Humas Ribut Priadi mengatakan, kerjasama UMSU dengan PDAM sudah terjalin sejak PDAM dipimpin oleh Syahrir Effendi Pasaribu. Kini, dilanjutkan oleh Direksi sekarang dengan sasaran yang lebih startegis menyangkut pendidikan dan latihan, penelitian, karya ilmiah dan penerbitan, pengabdian masyarakat, roadmap dan pengembangan sumber daya manusia.

Di samping itu tak kalah penting adalah asesmen jabatan dan air minum serta air limbah. “Sekarang kita memperkuat kerjasama ini dalam rangka menerapkan Tridharma Perguruan Tinggi untuk mencerdaskan dan mencerahkan bangsa dan khususnya Kota Medan,” kata Rektor Dr Agussani.

Menurut rektor, UMSU dari awal telah siap menjalin kerjasama yang saling mendukung dan memberikan masukan apa yang dibutuhkan pada program dalam MoU. UMSU secara institusi menyandang akreditasi B dan jumlah mahasiswa 24.000 dapat mendorong ketercapaian program yang diharapkan PDAM.

Dengan dukungan ketercapaian akademik, infrastruktur penelitian dan pengabdian masyarakat, maka UMSU berharap PDAM Tirtanadi akan dapat mengelola air minum yang berprestasi.

Sementara Dirut PDAM Tirtanadi Sutedi Raharjo mengapresiasi sambutan dan jalinan MoU dari rektor UMSU serta didukung kuat dan solid oleh sivitas akademika UMSU. ” Ini luar biasa dan memperkuat keyakinan kerjasama yang ditandatangani mampu mewujudkan tujuan yang ingin dicapai,” ujarnya usai menandatangani naskah MoU bersama Rektor.

Dirut PDAM Tirtanadi mengagumi kredibilitas dan perhatian UMSU dalam menjalankan misi Tridharma PT. Dia yakin melalui kerjasama ini UMSU dapat berperan meningkatkan mutu manajemen dan SDM sehingga PDAM Tirtanadi mampu mengelola SDA dan melayani pelanggan air yang profesional.

Ini terkait dengan tuntutan MEA dan semakin mengkhawatirkan pasokan sumber air baku di kota Medan dan sekitarnya. Jika PDAM tidak berbenah melalui pendekatan kerjasama berbasis akademis ini, maka dapat berdampak pada terganggunya hajat hidup orang banyak dan pemerintah dianggap gagal mengelola SDA dan SDM. “Saya apresiasi terhadap pak rektor dan keluarga besar UMSU.”

Pada kesempatan itu Ketua BPH UMSU Firdaus Nali mengatakan MoU inI memberikan kekuatan dari segi keilmuan dan praktik managerial kedua institusi untuk melakukan pelayanan publik sesuai kodrat dan fitrah manusia. Selain itu dapat mengelola SDA yang bermanfaat sebesar-besarnya untuk masyarakat. MoU ini menjadi tahapan UMSU yang unggul cerdas terpercaya.

Usai penandatanganan MoU, Dirut PDAM dan direksi didampingi Rektor UMSU melihat Observatorium Ilmu Falak (OIF) UMSU di lantai 7 Gedung Pascasarjana UMSU. Di sana direksi meneropong benda ruang angkasa dengan teleskop canggih milik UMSU meski dilakukan pada siang hari. Dirut PDAM mengaku salut UMSU sudah memiliki perhatian yang luar biasa pada dunia antariksa yang belum ada dilakukan PTN dan PTS di Sumatera Utara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.