UMSU kembali membagikan 279 paket idul fitri berupa sembako kepada masyarakat dan tali asih untuk aparat kelurahan dan kecamatan di sekitar Kampus Mukhtar Basri, Pascasarjana dan Kampus Fakultas Kedokteran UMSU di Jalan Mukhtar Basri, Denai dan Jalan Gedung Arca, Selasa (29/6).

“Paket sembako ini diharapkan bisa makin mempererat tali silaturahim antara UMSU dengan masyarakat sekitar kampus kata Rektor, Dr Agussani, MAP saat menyerahkan paket berupa beras, minyak goreng, gula dan kain sarung kepada kepala lingkungan dan staf kelurahan Gelugur Darat II, Kecamatan Medan Timur.

Menurut dia, keberadaan UMSU sekarang ini tidak terlepas dari dukungan masyarakat dan aparat kelurahan di lingkungan sekitar kampus. Kerjasama yang terjalin selama ini perlu terus dijaga dan ditingkatkan dalam rangka menjaga suasana aman dan nyaman.

“Warga sekitar kampus diharapkan menjadi yang terdepan dalam menjaga suasana keamanan dan kenyamanan karena kehadiran UMSU juga ikut membantu menggerakkan ekonomi masyarakat sekitar,” katanya didampingi Wakil Rektor II, Akrim, SPdI, MPd, WR II, Rudianto, S.Sos, MSi dan Sekertaris Universitas, Gunawan, SPdI, MTH.

Sebelum diserahkan secara keseluruhan di masing-masing  kampus, paket sembako berupa beras, minyak goreng dan gula diserahkan secara simbolis oleh Rektor Dr Agussani, MAP kepada perwakilan masyarakat.  Selanjutnya Rektor  diwakili Dr Muhammad Arifin Gultom selaku Wakil Rektor I menyerahkan paket sembako kepada masing-masing-masing warga di seputaran dua kampus pasca dan Fakultas kedokteran. WR I didampingi Kepala Biro Kemahasiswaan Radiman dan dosen Syaiful Bahri dan masing-masing camat, lurah serta camat Medan Denai dan camat Medan Kota, Kabag Umum FK Dan Pascasarjana Abdul Rahman Cemda, SP.M.Si dalan satu acara bertema Silaturahmi dan Pemberian Bingkisan Sembako di masing-masing aula kampus.

Wakil Rektor I Dr Muhammad Arifin Gultom di hadapan masyarakat penerima bingkasan dan penerima tali asih nengatakan  bantuan sembako ini diberikan untuk membantu meringankan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan Ramadhan dan paling utama menghadapi lebaran Idul Fitri. Rasa kepedulian sosial ini, lanjutnya,   dilakukan setiap tahun terutama di kampus tertua Gedung Arca dan Kampus Utama Jalan Kapt. Mukhtar Basri yang terlebih dulu diserahkan langsung oleh Rektor Dr Agussani, MAP.

Sedangkan pembagian sembako di Kampus Pascasarjana baru kali kedua tahun ini karena eksistensi Pascasarjana belum lama ada. Namun kiprah dan manfaatnya sudah dirasakan oleh pemerintah daerah dan masyarakat seperti pemantauan gerhana matahari, penentuan arah kiblat di masjid-masjid dan berbuka puasa bersama.

Wakil rektor berharap silaturahim UMSU dan masyarakat terus terjalin secara baik. UMSU ada dan berkembang tidak terlepas dari support masyarakat dan aparat setempat. Bantuan yang diberikan UMSU kepada masyarakat juga tidak terlepas dari kepercayaan dan dukungan yang telah diberikan selama ini. “Kami terus memohon doa masyarakat agar UMSU terus maju dan dapat berperan di tengah masyarakat,” kata wakil rektor baik kepada masyarakat maupun kepada aparat di seputaran dua kampus secara terpisah pada acara itu.

Camat Medan Denai Hendra Asmilan dan Camat Medan Kota secara terpisah pada pembagian sembako mengatakan senada atas respons mereka atas kepedulian UMSU pada masyarakat dan aparat setempat. Apa yang dilakukan UMSU telah menyentuh kebutuhan dasar dan meringankan beban hidup masyarakat. Hal ini tidak banyak dilakukan institusi pendidikan lain. Kedua pejabat itu mendoakan agar UMSU terus berkembang dan maju sehingga dapat meningkatkan pemberian bantuan kepada masyarakat. “Semoga ini menjadi amal bagi sivitas akademika UMSU dan UMSU terus maju,” kata Camat Medan Kota seraya menambahkan kepedulian UMSU ini bertepatan dengan Wali Kota menyerahkan zakat di kedua kantor camat.

Kaum ibu saat menerima bingkisan sembako terharu karena bantuan itu mereka terima saat kebutuhan Ramadhan dan jelang lebaran sedang sulit, kemudian UMSU hadir di masyarakat yang membutuhkan sembako. Untuk itu kebanyakan kaum ibu penerima paket sembako menyatakan rasa syukur mendapatkan bingkisan sembako gratis. Ini bukti UMSU  tetap peduli dengan masyarakat yang yang sedang kesulitan untuk memenuhi kebutuhan Ramadhan dan lebaran. Warga berharap kepedulian UMSU dapat menjadi contoh bagi institusi lainnya untuk tergerak melakukan hal yang sama sehingga masyarakat dapat terbantu.

“Kalau institusi pendidikan, baru UMSU yang menunjukkan rasa kepedulian kepada masyarakat setiap Ramadhan dan menjelang lebaran. Kami selalu mendoakan agar UMSU terus berkembang dan maju sehingga kepedulian sosial dapat ditingkatkan lagi,” kata Nurmala, 62, warga di seputaran Kampus FK UMSU usai menerima sembako gratis dari rektor.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.