Sebanyak 168 dosen baru tetap UMSU pengangkatan tahun 2015 dan 2016  mendapat pembekalan dalam satu acara silaturahim dengan Rektor Dr Agussani, MAP dan jajaran, yang berlangsung di Aula Pascasarjana UMSU Jalan Denai Medan, Rabu (16/8).

Turut hadir Ketua Badan Pembina Harian UMSU Drs Firdaus Naly, Sekretaris Bahril Datuk dan Wakil Ketua Dalail Ahmad serta para wakil rektor,  pimpinan fakultas dan pimpinan lembaga.

Pada kesempatan itu, Rektor Dr Agussani  menyambut kehadiran dan mengapresiasi para dosen baru tetap  bergabung untuk mengembangkan UMSU demi memenuhi keinginan, kepercayaan dan harapan mencerdaskan masyarakat. Rektor berharap dosen baru tetap menjaga integritas dan kepercayaan serta kedekatan masyarakat pada UMSU saa ini. Hal itu dilihat dari tingginya minat masyarakat melanjutkan pendidikan tinggi di UMSU. Tahun ini saja sampai pada gelombang III UMSU menerima 4.500 mahasiswa baru hasil seleksi yang ketat termasuk harus memenuhi persyaratan bebas dari pengaruh narkoba. Dengan demikian jumlah  mahasiswa UMSU saat ini sebanyak 23.000-an  dengan  jumlah dosen tetap  sebanyak 460 orang dan 200 dosen di antaranya telah bersertifikasi. Dua orang dosen Fakultas Kedokteran melanjutkan studi di Inggris dan Thailand serta 50 orang mengikuti program doktor.

Rektor Dr Agussani menekankan para dosen baru tetap Strata 2 ini agar melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi dan Caturdharma Perguruan Tinggi Muhammadiyah yakni Pengajaran, Penelitian, Pengabdian, Al Islam dan Kemuhammadiyaan. Caturdharma ini menjadi pijakan para dosen dalam melakukan aktivitas di kampus sehingga dapat mengembangkan kompetensi dan kualitas yang diharapkan tumbuh di perguruan tinggi untuk menghasilkan lulusan yang unggul cerdas dan terpercaya. “Silaturahim dan pembekalan ini sangat strategis untuk menyatukan visi dan misi untuk meningkatkan kualitas  sehingga kepercayaan masyarakat kepada UMSU terus meningkat,” ujarnya.
Rektor mengatakan para dosen yang bergabung di UMSU  bagian dari kebijakan universitas sekaligus untuk menghadapi persaingan. Oleh karena itu seleksi dosen dari ribuan lamaran yang masuk dilakukan secara terbuka dan independen telah berjalan sejak dua tahun ini untuk menghasilkan tenaga pengajar yang bermutu, di samping menjadi komitmen untuk memenuhi rasio dosen dan  mahasiswa di perguruan tinggi sesuai tuntutan kebijakan Kemenristek Dikti. Sementara ribuan lamaran yang diseleksi  hanya 168 orang yang lulus  untuk memenuhi kebutuhan dosen yang paling banyak di FKIP,  Fakultas Ekonomi, Pertanian serta Teknik.

Sebelumnya Wakil Rektor II Akrim, MP.d mengatakan, seleksi dosen tetap dilakukan secara objektif oleh tim independen. Dia mengatakan dosen baru tetap ini menjadi ujung tombak membawa UMSU yang unggul cerdas dan terpercaya. Akrim bersama Wakil Rektor I Dr Muhammad Arifin Gultom pada kesempatan itu memberikan pembekalan tentang model pembelajaran, kurikulum,  pengurusan NIDN, kerja dosen, beban SKS, penggajian, serta prosedur pengurusan kepangkatan.

Sementara Ketua BPIH UMSU Drs Firdaus Naly mengharapkan dosen baru tetap yang telah bergabung di UMSU harus bersedia berkhidmat di Muhammadiyah.
Pada acara itu Rektor Dr Agussani langsung  menyerahkan SK pengangkatan kepada dosen tetap yang telah memiliki NIDN dan pangkat serta surat tugas kepada dosen baru yang masih dalam pengurusan dan penerbitan NIDN. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.