Program Studi Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU)   bekerja sama dengan asosiasi profesi Himpunan Pengembangan Jalan Indonesia (HPJI) mengadakan pelatihan merencanakan gedung bertingkat memakai basement dengan software mendatangkan pakar dari Bandung yaitu Dr. Ir. Nathan Madutujuh dan rekan yang tergabung dalam sebuah konsultan perencana professional yang telah banyak berpengalaman dalam perencanaan gedung bertingkat memakai basement di Jakarta, Bandung dan Yogyakarta.

Pelatihan ini merupakan bagian dari Program Peningkatan Kualitas dan Daya Saing Lulusan Teknik Sipil UMSU 2016 yang dilaksanakan sebanyak 4 gelombang guna membahas tentang bagaimana memahami gambar design engineering drawing (DED), pembuatan RAB dan dokumen lelang pekerjaan jalan dan jembatan.

Ketua Prodi Teknik Sipil UMSU Dr. Ade Faisal yang juga merupakan perencana ahli struktur gedung dan jembatan mengatakan pelatihan dikhususkan untuk calon lulusan baru yang menekuni bidang transportasi. Sedangkan untuk pelatihan gelombang 3 dan 4 dikhususkan untuk mereka yang menekuni bidang struktur.

Ia menjelaskan bahwa dengan pelatihan ini diharapkan lulusan baru teknik sipil UMSU telah memiliki kompetensi dan pengalaman ringkas dalam merencanakan gedung bertingkat memakai basement yang tahan terhadap gempa sehingga dapat mudah bersaing dalam mencari pekerjaan di dunia konstruksi. Pelatihan gelombang ini diikuti oleh calon lulusan baru S1 teknik sipil UMSU dan 10 orang dosen PTN/PTS dan praktisi profesional.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.