Sukses meraih medali PON XIX di Jawa Barat tahun 2016, Rektor UMSU Dr Agussani, M.AP memberikan tali asih kepada enam atlitnya yang juga mahasiswa UMSU.

Penyerahan tali asih dirangkaikan dengan acara silaturahim sivitas akademika UMSU dengan enam Mahasiswa Pertukaran Mahasiswa Tanah Air (Permata) program pemerintah, di ruang rapat Gedung Pascasarjana UMSU Jalan Denai Medan, Selasa (10/10).

Turut hadir Wakil Rektor I Dr Muhammad Arifin Gultom, Wakil Rektor II Akrim, M.Pd, Wakil Rektor III Rudianto, S.Sos., M.Si, Sekretaris Rektor Gunawan, M.Th, Kabimawa Radiman, kepala biro, pimpinan  prodi serta pimpinan fakultas.

Atlit UMSU yang mendapat tali asih adalah Nova Sinaga Fakultas Hukun meraih emas dan perak perorangan karate, Tri Winarni Fakultas Ekonomi meraih emas beregu karate, Juwita Niza Wasni dari Fakultas Ekonomi meraih emas wushu, Jontar Simanjuntak dari Fakultas Ekonomi serta Primayanka Balqis dari Fakultas ISIP meraih perak eksebisi arung jeram, perunggu sprint race putri dan arung jeram.

“Saya merasa gembira mendapat tali asih ini dan sekaligus bangga kuliah di sini, karena UMSU punya perhatian pada mahasiswa yang atlit, dan baru UMSU pula yang memberi tali asih ini, sebagian masih janji-janji,” kata Primayanka Balqis usai menerima tali asih dari Rektor Dr Agussani, M.AP melalui Wakil Rektor III Rudianto, S.Sos., M.Si, Selasa (11/10). Para wakil rektor dan sekretaris rektor secara bergantian pula menyerahkan tali asih kepada para atlit.

Wakil Rektor I Dr Muhammad Arifin mengatakan, prestasi ini tidak hanya mengharumkan nama UMSU tetapi juga mengangkat nama baik Sumut. Untuk itu UMSU mengadakan tatap muka dengan para atlit dan memberikan tali asih. Wakil Rektor mendorong para atlit agar sukses juga dalam bidang akademik. “Sukses dan berprestasi dalam bidang olahraga  juga harus sukses dalam perkuliahan,” ujarnya.

Sementara Wakil Rektor III Rudianto, S.Sos., M.Si mengapresiasi prestasi yang diraih ini. Tentunya torehan pretasi olahraga ini tidak terlepas dari komitmen UMSU memberi perhatian kepada para atlit berprestasi dengan memberikan potongan SPP dan beasiswa, pendampingan agar sukses dalam kuliah serta penyediaan sarana latihan olahraga melalui Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Melalui UKM, UMSU juga  mengelola potensi seni dan bakat yang menghasilkan prestasi sampai ke tingkat internasional.

Khusus dalam mengikuti PON ini, lanjut Rudianto, sebelumnya Rektor UMSU Dr Agussani, M.AP telah memberi perhatian penuh dengan melepas 16 kontingen dari gedung Pascasarjana UMSU  untuk bertanding dan kita sambut kepulangan para atlit  sekaligus memberikan tali asih di tempat yang sama.

Menurut Rudianto, pemberian tali asih ini sengaja dirangkaikan dengan silaturahim bersama mahasiswa Permata untuk memotivasi mereka agar dapat mengikuti berbagai even kemahasiswaan di UMSU  merupakan capaian yang membanggakan. “Selamat kepada para atlit dan mahasiswa Permata untuk sama-sama mengembangkan potensi olahhraga, seni, budaya dan akademik di UMSU.”

Sementara itu nama keenam mahasiswa Permata yang kuliah di UMSU selama 1 Semester yakni Novita Yuli Kolatveka asal UKIM Ambon Prodi IKS, Sri Wulan Sari asal UMMU Ternate Prodi IAN, Ibnu Nurul Salat asal UMMU Ternate Prodi Ilmu Hukum, Gabriella S. Fairyo asal STIKOM Muhammadiyah Jayapura Prodi Ilmu Komunikasi, Abdul Mutakim asal STIKOM Muhammadiyah Jayapura serta Andrika Rizal Arlovi STKIP Muhammadiyah Sorong Prodi Matematika.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.