Rektor UMSU Dr Agussani MAP menghadiri pelantikan pengurus lima HMJ di lingkungan FAI periode 2016-2017, di Aula Kampus Jalan Kapt. Mukhtar Basri, Kamis (13/10).

Pada acara itu, Rektor Dr Agussani menyampaikan rasa bangga melihat perkembangan Fakultas Agama Islam (FAI) yang cukup pesat, baik sistem pengelolaan fakultas/jurusan maupun jumlah mahasiswa yang meningkat tajam pada enam tahun terakhir ini.

“Waktu saya di Fisip, mahasiswa FAI masih seratusan. Dengan perkembangan FAI sekarang, saya termotivasi untuk menghadiri dan berkumpul bersama mahasiswa dalam acara pelantikan HMJ secara serentak ini,” kata rektor disambut tepuk tangan ratusan mahasiswa yang hadir.

Rektor dalam pidato arahan dan bimbingannya  menyampaikan kepada pimpinan fakultas dan prodi bersama mahasiswa HMJ untuk bekerjasama dalam meningkatkan tata kelola akademik dan program kemahasiswaan yang lebih kompetitif untuk menciptakan daya saing fakultas.

Kemajuan pengelolaan yang disertai peningkatan jumlah mahasiswa FAI dari tahun ke tahun, menurut Rektor Dr Agussani, berdampak positif pada  institusi universitas.  Sebelumnya, FAI UMSU memiliki catatan terbaik di tingkat PTS di Sumut di bawah naungan Kopertais, turut menyumbang kepercayaan positif masyarakat pada UMSU sehingga perguruan tinggi ini mampu menjadi barometer di Sumatera Utara. “Ini tidak terlepas dukungan mahasiswa pada UMSU.”

Dengan mendapat kepercayaan itu, lanjut rektor, tidak mudah menjaganya dan menjadi tantangan untuk terus meningkatkan tata kelola institusi yang kompetitif.

Menurut rektor, UMSU terus mengikuti perkembangan. Saat ini UMSU diundang  Kemenristek Dikti di Jakarta untuk membahas tentang PPG. Terkait dengan itu, lanjutnya, UMSU akan mengupayakan PGRA yang ada di FAI juga mendapat program yang sama. Lulusan UMSU juga banyak yang bekerja di lembaga syariah sejak fakultas ini memiliki Prodi Perbankan Syariah dan Bisnis Manajemen Syariah. Sejak itu pula FAI terus berkembang.

Pengurus HMJ yang dilantik dan dikukuhkan oleh dekan yakni HMJ Pendidikan Agama Islam, HMJ Pendidikan Guru Raudhatul Anfal, HMJ Perbankan Syariah dan HMJ Bisnis Manajemen Syariah.
Turut hadir dalam acara ini Dekan FAI Dr Muhammad Qorib, PD I Zailani, PD III Munawir Pasaribu, pimpinan prodi, ketua panitia serta undangan dari IMM se Komisariat UMSU.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.