Untuk mewujudkan UMSU go internasional,  Rektor UMSU Dr Agussani, MAP menggelar silaturahim dengan Ikatan Jurnalis Televisi (IJTI) Sumut dalam satu acara Coffee Morning di Auditorium Kampus Jalan Kapten Mukhtar Basri, Jumat (28/10).

Pada kesempatan itu, rektor menyampaikan perkembangan dan tahapan-tahapan yang sedang dilakukan menuju roadmap itu.  Untuk menuju ke sana, UMSU salah satu dari 10 Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) terbesar di Indonesia, melakukan tata kelola internal, di antaranya menata kelembagaan dan sumber daya manusia.

“Tata kelola lembaga dan SDM yang sedang dilakukan bukan dengan retorika atau basa-basi, melainkan dengan kerja nyata,” kata rektor disambut tepuk tangan awak media.

Turut mendampingi rektor yakni Wakil Rektor I Dr Muhammad Arifin Gultom, Wakil Rektor II Akrim, MPd, Sekretaris Universitas Gunawan, Kabag Humas/Protokoler Ribut Priadi, M.I.Kom, Kepala Bagian Umum Lutfi Basit, M.I.Kom. Dari IJTI turut hadir wartawan senior Syaiful Anwar, Ketua IJTI Edy dan Sekretaris Budiman Tanjung  dan anggota.

Rektor mengatakan upaya melakukan tata kelola secara konsisten dan sesuai kebutuhan zaman tidak mudah. Namun itu harus dilakukan sebagai sebuah tuntutan sekaligus mengukur kekuatan ke dalam untuk mewujudkan roadmap 2033 bahwa UMSU harus go internasional. Namun untuk mewujudkan roadmap, menurut rektor, UMSU memerlukan energi yang besar dan meraih dukungan media. Sebab, sebagus apapun tata kelola di dalam tanpa dukungan media, maka program tidak akan bermanfaat. Secara lugas dan jujur, di hadapan insan pers televisi itu, Rektor Dr Agussani mengakui UMSU yang saat ini  menjadi sebuah kapal besar tidak terlepas dari peran media. Untuk itu silaturahim dengan IJTI ini adalah bagian dari komitmen yang sudah terbangun dari kepemimpinan masa lalu hingga kepemimpinan sekarang. Rektor berharap dukungan IJTI terhadap program UMSU ke depan dapat memberikan kontribusi pendidikan bagi masyarakat Sumatera Utara dan bangsa ini.

Sebelumnya, Syaiful Anwar, mewakili dari IJTI Sumut, menyampaikan apresiasi kepada Rektor Dr Agussani yang terus berdiskusi dan membangun komunikasi dengan insan pers televisi untuk membangun UMSU agar terus memberikan kontribusi pendidikan bagi generasi bangsa. Hubungan wartawan televisi dengan UMSU, lanjutnya, sudah terbangun lama, apalagi banyak teman-teman media sampai generasi wartawan televisi sekarang adalah alumni UMSU. Itu tidak dapat dibantah sehingga hubungan UMSU dan wartawan televisi ini riil sekali. “Silaturahim ini yang paling kuat di antara PTN dan PTS di Sumut,” katanya.

Menurut Syaiful, IJTI mendukung semua program pengembangan UMSU karena PTM ini memiliki visi yang khas berbeda dengan PTS lain. UMSU sebagai lembaga pendidikan juga punya misi dakwah dengan sentuhan kemanusiaan dan keilmuan. Dengan sinergitas UMSU dengan media diharapkan menjadi suatu kekuatan untuk mampu bersaing dalam percaturan pendidikan dan “melawan” PTS asing. Kabag Humas Ribut Priadi, M.I.Kom menyampaikan rektor akan menggelar coffee morning dengan media secara periodik.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here