Fakultas Kedokteran UMSU melakukan yudisium dan mengangkat sumpah 16 dokter Angkatan VIII serta 10 dokter muda Angkatan IX di Aula Kampus FK di Jalan Gedung Arca, Sabtu (5/11).

Acara yudisium dokter ditandai dengan pengucapan sumpah dan janji profesi kedokteran. Pengucapan sumpah didampingi ustadz Maulana.

Rektor UMSU Dr Agussani, MAP mengatakan yudisium dan pengangkatan sumpah dokter muda merupakan sejarah yang membanggakan bagi universitas milik persyarikatan Muhammadiyah ini. FK dengan Akreditasi B  berusia 9 tahun telah meluluskan dokter angkatan ke-7 dan dokter muda angkatan ke-9.

Yang membanggakan lagi, menurut rektor, mahasiswa FK UMSU lulus UKMPPD  terbanyak dan memperoleh nilai terbaik di tingkat nasional. Untuk itu rata-rata setiap tahun  FK  meluluskan dokter muda. Semua ini terlaksana atas tata kelola dan integritas pimpinan fakultas dan pimpinan universitas yang baik.

“Semoga  FK UMSU tetap menjadi kebanggaan di Sumatera Utara dan nasional. Selamat buat para lulusan dan orangtua yang  mempercayakan UMSU  mendidik  anaknya menjadi dokter yang Islami,” kata rektor disambut haru dan gembira dari para lulusan dan orang tua.

Rektor berpesan jadilah alumni FK yang terbaik. Rektor mengajak para alumni untuk mengembangkan FK agar menjadi kebanggaan di Sumut dan nasional.

Rektor menegaskan agar FK tetap menjadi kebanggaan di Sumut dan tingkat nasional. Untuk itu universitas terus meningkatkan  pengelolaan fakultas, meningkatkan SDM dosen dan menambah sarana  serta prasarana.

Dekan FK UMSU dr H Ade Taufiq, S.POG mengharapkan para dokter melakukan pelayanan kesehatan  yang terbaik pada pasien dan memegang sumpah kode etik dokter.

Wakil Direktur RSUD Lubuk Pakam Puja Armadi mengatakan sumpah dokter satu tahapan pertama bagi lulusan kedokteran. “Kami berharap FK UMSU jadi mitra kami dalam proses pendidikan kedokteran.  Saat ini kami sedang mempersiapkan RSUD jadi rumah sakit  pendidikan utama bagi FK UMSU,” katanya saat memberikan sambutan seraya mengucapkan terimakasih atas kepercayaan UMSU kepada RSUD Lubukpakam milik Pemkab Deliserdang.

Sementara dr Amelia Arisy, dokter lulusan terbaik menyampaikan rasa haru dan gembira menjadi lulusan FK UMSU. Sebagai perwakilan dari para dokter, dia mengatakan    rasa bangga menjadi alumni sebagai buah dari apa yang diberikan dosen di FK dan orangtua. “Kami akan melakukan yang terbaik dalam melakukan pelayanan kesehatan dan nama baik FK UMSU,” ujarnya.

Turut hadir Wakil Rektor II Akrim, MPd, Sekretaris Rektor Gunawan, M.Th, Wakil Dekan I FK dr Makmur Husaini, Wakil Dekan III dr Delyuzar,  Direktur RSU Muhammadiyah dr Suhairi, dosen serta staf ahli rektor bidang kedokteran dr Kamal Basri dan Prof Gus Bakti.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.