Ketua PWM: Muhammadiyah Bertanggungjawab Membangun Karakter

 

Ribuan masyarakat mengikuti jalan santai dalam rangka Milad ke 107 H/104 M  Muhammadiyah yang digelar di kampus UMSU, Jalan Kapten Mukhtar Basri, Medan, Minggu (20/11).

Kepala Polisi Daerah Sumatera Utara, Irjen Pol Dr H Rycko Amelza Dahniel, MSi hadir melepas ribuan peserta jalan santai yang menyediakan 800 lebih paket hadiah termasuk umroh dan sepeda motor. Acara yang dimulai pukul 6.30 WIB turut dihadiri banyak tokoh masyarakat dan ulama diantaranya KH Zulfikar Hajar, K H Amiruddin, MS dan Dr H Amhar Nasution.

Kapolda Sumut mengaku senang karena bisa hadir memeriahkan milad Muhammadiyah ke 107 H/104 M bersama-sama warga Muhammadiyah serta masyarakat. Kehadiran ribuan masyarakat dari berbagai elemen menunjukkan tingginya ikatan silaturahim di daerah ini .

“Mudah-mudahan kegiatan jalan santai ini akan memperkuat tali silaturahim dan menumbuhkan ikatan persaudaraan di tengah-tengah masyarakat,” katanya.

Dia berharap jalan santai yang diikuti ribuan masyarakat umum maupun warga Muhammadiyah menjadi momen untuk menjaga suasana kondusifitas. Tema milad “Membangun karakter Indonesia yang berkemajuan” sungguh tepat dalam menyikapi dinamika dan perubahan masyarakat yang demikian cepat seiring dengan perkembangan teknologi .

Menurutnya, Muhammadiyah sebagai gerakan dakwah Islam menjadi pilar penting dalam membangun manusia yang berkarakter.  Karakter yang berlandaskan pada nilai-nilai Islam akan melahirkan insan yang mulia sehingga mampu menghadapi dinamika dan perubahan yang demikian pesat.

Rektor UMSU, Dr Agussani, MAP mengatakan, jalan santai merupakan bagian dalam kegiatan syiar Muhammadiyah Sumatera Utara kepada masyarakat. Hal ini sejalan dengan tema milad “Membangun   karakter Indonesia yang berkemajuan”.

Rektor mengaku senang karena tingginya antusias masyarakat dalam mengikuti kegiatan jalan santai. Kehadiran ribuan warga Muhammadiyah dan masyarakat umum diharapkan akan menguatkan ikatan silaturahim.

Sebagai penyelenggara milad, pihaknya telah mengumpulkan lebih 800 paket hadiah untuk diundi, termasuk tiga tiket umrah dan satu sepeda motor. Membanjirnya hadiah yang dibagikan pihak penyelenggara membuat kegiatan milad Muhammadiyah kali ini terasa lebih semarak.

Sementara itu Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumut, Prof . Dr, Hasyimsyah Nasution mengatakan, sesuai   tema milad, Muhammadiyah merasa bertanggungjawab ikut membangun karakter Indonesia berkemajuan atau dalam bahasa agama membangun ahlakul karimah.

“Berkarakter dalam hal ini secara fisik  dan secara mental, salah satunya membangun kedekatan dengan seluruh komponen masyarakat. Silaturahim bisa diteruskan untuk membangun masyarakat di Kota Medan khususnya dan Sumatera Utara,” katanya.

Sementara itu, salah seorang pemenang hadiah umrah, Hazrul Aswad(44) warga Jalan Alfalah tidak mampu menahan haru saat nomor kupon undiannya dipanggil. “Susah untuk diucapkan, Alhamdulillah, mudah-mudahan hadiah ini menjadi obat penyakit saya,” katanya dengan mata berkaca-kaca.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.