Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Nova Sinaga kembali dikirim mengikuti Kejuaraan Karate Internasional Shoto ASEAN-Japan 2016 di Hanoi pada 15-18 Desember.

Karateka Nova Sinaga peraih medali emas di PON Bandung menjadi satu-satunya wakil Sumut yang akan bergabung dengan Tim PB INKANAS mengikuti Kejuaraan Karate Internasional Shoto ASEAN-Japan 2016. Sebelum berangkat, Nova didampingi dengan Ketua UKM Karate UMSU, Dwi diterima Rektor UMSU, Dr Agussani, MAP,di Kampus Jalan Mukhtar Basti, Medan, Jumat (9/12).

Menurut Rektor, prestasi yang diraih Nova Sinaga yang sukses meraih medali emas PON dan dikejuaraan lain di tingkat nasional sehingga menjadi satu-satunya karateka Sumut yang dikirim mengikuti kejuaraan karate internasional di Vietnam menjadi kebanggan tersendiri. Prestasi itu tentu diharapkan bisa menjadi motivasi bagi mahasiswa UMSU lainnya untuk berlomba menjadi yang terbaik.

“Saya berharap, prestasi Nova bisa menjadi inspirasi dan mendorong mahasiswa lainnya untuk ikut bersaing meraih prestasi, bukan hanya di bidang olahraga tapi juga lainnya, khususnya di bidang akademik,” katanya.

Dia berpesan, disamping menyandang status atlet berprestasi , Nova tidak melupakan tugasnya sebagai mahasiswa yakni belajar disela berlatih dan mengikuti kejuaraan. UMSU sendiri telah merancang program yang memungkinkan bagi atlet untuk bisa mengikuti perkuliahan.

Ditegaskannya, bahwa meraih prestasi di bidang olahraga, apalagi dengan membawa nama harum daerah, bahkan Indonesia merupakan sesuatu yang penting. Namun sebagai atlet yang masih berstatus mahasiswa,hendaknya juga tidak melupakan pendidikan demi masa depan.

“Saya kira keduanya bisa berjalan seiring,” katanya.

Nova Sinaga bukan satu-satunya atlet nasional yang menimba ilmu di UMSU. Sejumlah nama atlet yang menjadi andalan Sumatera Utara serta Indonesia tercatat sebagai mahasiswa UMSU, diantaranya Juwita Niza Wazni, juara dunia Wushu, Tri Winarni , peraih emas PON Karate dan Jintar Simanjuntak. Tim Futsal UMSU juga menjadi wakil Sumut yang berlaga di liga Nusantara di Padang dan saat ini masih berlangsung.

Dalam pertemuan itu, Rektor juga mengingatkan, agar Nova tidak cepat merasa puas dengan raihan berbagai prestasi. Diharapkan bisa terus meningkatkan latihan karena persaingan atlet untuk bisa meraih yang terbaik akan semakin berat.

Pada Kejuaraan Karate Internasional Shoto ASEAN-Japan 2016 di Hanoi Vietnam, menurut Rektor, selain mengejar prestasi, tapi sekaligus juga bisa membangun silaturahim dan bertukar pengalaman. Selama mengikuti kejuaraan, Nova juga diharapkan, bisa menjaga nama baik universitas khususnya, Sumatera Utara dan Indonesia umumnya.

Berdasarkan surat keputusan yang ditandatangani Ketua Umum PB Institut Karate-Do Nasional (INKANAS), Jend Pur. Drs Badrodin Haiti ada sebanyak 17 atlet yang dikirim untuk mengikuti Kejuaraan Karate Internasional Shoto ASEAN-Japan 2016 di Hanoi Vietnam. Nova tercatat, satu-satunya wakil Sumut yang ikut dalam tim ke vietnam.

Ditemui secara terpisah, Nova mengaku, bersyukur mendapat dukungan penuh dari pihak universitas dalam menjalankan aktifitasnya sebagai atlet. Dukungan tersebut menjadi motivasi tersendiri sehingga dia selalu berusaha memberikan yang terbaik dengan berlatih sungguh-sungguh.

Dalam mengikuti kejuaran internasional karate tahun ini, Nova mengaku, tidak memasang target khusus . “Tidak ada target khusus, tapi saya berusaha maksimal untuk meraih prestasi terbaik,” katanya.

Dia berharap dukungan dan doa dari masyarakat untuk dapat memmbawa nama harum bangsa. Menurutnya kepercayaan yang diberikan akan menjadi motivasi untuk bisa memberikan yang terbaik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here