Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara resmi membuka Program Studi Magister Teknik Elektro yang ditandai dengan diterbitkannya   SK Prodi tersebut dari Kementeristek Dikti.

“SK Prodi Magister Teknik Elektro telah diserahkan melalui Koordinator Kopertis Wilayah I Sumut Prof Dian Armanto,” kata Rektor UMSU, Dr Agussani, MAP kepada wartawan, Minggu.

Rektor mengaku bersyukur karena pada tahun ini UMSU khususnya program Pascasarjana telah memeroleh tiga izin penyelenggaraan Magister yakni Pendidikan Matematika, manajemen pendidikan,dan teknik elektro. Diharapkan dalam waku dekat ini juga menyusul program doktoral hukum.

Dijelaskan dia,  diterimanya SK Prodi Magister teknik elektro, selain sebagai sebuah kesyukuran, tapi sekaligus menjadi tantangan bagi UMSU untuk terus berupaya meningkatkan kualitas pendidikan. Kehadiran prodi magister elektro diharapkan menjadi jawaban akan kebutuhan tenaga profesional di bidang elektro.

Lebih lanjut, UMSU terus berupaya untuk mengembangkan program pascasarjana berdasarkan arahan Kopertis Wilayah I yang mengimbau agar perguruan tinggi swasta (PTS) di Sumut termasuk UMSU, membuka program S2. Ini dilakukan guna menciptakan sumber daya manusia di bidang tenaga kependidikan sekaligus meningkatkan kualitas pendidikan di Sumatera Utara.

” Saya menyampaikan  terima kasih kepada Kopertis yang telah memberikan bimbingan dan arahan dalam rangka penyelenggaraan pendidikan yang baik sehingga UMSU bisa berkembang seperti sekarang ini,”katanya.

Menurut Agussani, dengan adanya kepercayaan ini patut disyukuri karena ini bagian dari harapan Kopertis untuk menciptakan S2 dan S3 dalam dalam rangka memenuhi kebutuhan di bidang itu.

Menurut dia, capaian yang diraih UMSU ini juga tidak bisa terjadi tanpa dukungan dan komitmen persyarikatan muhammadiyah. Persyarikatan Muhammadiyah melalui PP dan pengurus wilayah serta daerah selama ini terus memberi dorongan dan motivasi sehingga PPs UMSU punya gedung kuliah sendiri di Jalan Denai, dan punya manajemen sendiri.

“Alhamdulillah semuanya berjalan baik sehingga UMSU bisa berkontribusi dalam meningkatkan pendidikan masyarakat,” ungkapnya.

Ditegaskannya, UMSU berusaha sekuat tenaga bagaimana melakukan peningkatan pelaksanaan proses pembelajaran, peningkatan kualitas pendidikan dan sebagainya sehingga program pengembangan yang dilakukan termasuk pembukaan program doktor ilmu hukum bisa segera mendapatkan izin dari Kemenriotek Dikti.

“Mudah-mudahan dengan dukungan semua pihak khususnya kopertis, UMSU akan mendapatkan izin Program Doktor Ilmu Hukum. Jika izin tersebut diberikan, maka UMSU menjadi satu-satunya PTS di Sumut yang memiliki Prodi S3 Ilmu Hukum,”katanya.

Dengan keluarnya izin prodi magister Teknik Elektro, maka saat ini, Program Pascasarjana UMSU telah memiliki delapan prodi. Untuk lima prodi Lima sudah diselenggarakan dengan akreditasi B, tiga prodi baru masih proses dengan akreditasi C dan menuju akreditasi B.

Disebutkannya, delapan prodi yang diselenggarakan PPS UMSU, yakni Magister Kenotariatan, Magister IImu Hukum, Magister Manajemen, Magister Ilmu Komunikasi dan Magister Akuntansi dan terbaru magister pendidikan matematika dan Elektro.

Sebelumnya, Koordinator Kopertis Wilayah I Sumut Prof Dian Armanto menyatakan bangga akan prestasi dan terobosan UMSU membuka program S2. Kopertis melihat UMSU merupakan salah satu PTS terbaik di Sumut.

“Ditinjau dari kategori dan penelitian yang telah dilakukannya, UMSU telah membuat Kopertis bangga dengan prestasinya yang begitu banyak,” kata Dian Armanto.

Sedangkan ditinjau dari senioritas, UMSU salah satu universitas yang senior sehingga pantas berpikir membuka program studi baru, terutama untuk jenjang S2 dan S3.

“Ini awal kebangkitan UMSU yang bisa menjadikan Sumut kaya dengan gelar Master. Tentunya, itu dilakukan seiring dengan perbaikan kualitas dosen yang ada di UMSU,” kata Dian Armanto.

Dengan adanya penambahan prodi S2 ini, Kopertis berharap UMSU masuk bagian dari perguruan tinggi cepat mendapat A untuk akreditasi institusinya. Pasalnya, saat ini, PTS di Sumut belum ada yang akreditasi institusinya meraih A.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.