Pengembangan SDM aparatur sipil negara di lingkungan Pemkab Aceh Tenggara (Agara)  menjadi prioritas bupati. Terkait hal itu Pemkab menggandeng UMSU untuk meningkatkan kualifikasi dan kompetensi aparatur di sana.

Asisten III Pemkab Agara Drs Sahidal Kastri, M.Pd mewakili bupati mengatakan UMSU menjadi kampus terbesar swasta di Sumatera Utara yang dipercayakan Pemkab untuk meningkatkan kualifikasi pendidikan aparatur baik guru, pengawas sekolah sampai pejabat kantor bupati.

“Kami telah mempercayakan UMSU untuk melakukan pengembangan SDM para aparatur sesuai apa yang tertuang dalam MoU yang ditandatangani bupati dengan rektor pada November 2016,” katanya dalam acara sosialisasi Program Studi Diploma/Strata 1 dan Strata 2 termasuk tiga Prodi Magister baru yakni Manajemen Pendidikan, Pendidikan Matematika dan Elektro oleh Rektor UMSU Dr Agussani, MAP dan tim di Aula Pemkab Agara, Jumat (6/1), dihadiri Kadisdikbud Drs Syahrizal, Kepala BKKBD Sudirman, S.Pd., M.Pd, Kepala Kantor Kemenag Agara M. Idris, guru, Kepala TK, SD, SMP/MTs, SMA/SMK/MAN di lingkungan Pemkab dan Kemenag Agara. Sementara rektor didampingi Wakil Rektor II Akrim, S.Pd., M.Pd, Sekretaris Universitas Gunawan, M.Th, Kepala Bimbingan Konseling Hj Hartati sera Kabag Humas Ribut Priadi, M.I.Kom.

Menurut Sahidal,  Pemkab percaya dengan UMSU sebagai perguruan tinggi swasta yang memiliki integritas dan tata kelola yang profesional sehingga dapat meningkatkan kualifikasi dan kompetensi ASN. Dengan demikian ASN dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Tuntutan guru dan pengawas sekolah harus berkualifikasi Strata 1 dan Strata 2 membuat Pemkab dan Kemenag akan mengirim mereka kuliah di UMSU. Pemkab menginginkan Agara berdaya saing. Untuk menunjang program tersebut, Pemkab menyediakan beasiswa untuk melanjutkan kualifikasi pendidikan. “Ini salah satu bentuk dari kerjasama yang dibangun Pemkab dan UMSU dalam meningkatkan mutu SDM dan assesment  ASN,” katanya.

Rektor UMSU Dr Agussani, MAP saat mensosialisasikan universitas dan pengelolaan delapan fakultas serta delapan Prodi Magister mengatakan, UMSU telah menyediakan Prodi Magister Manjemen Pendidikan dan Ilmu Matematika untuk meningkatkan kualifikasi para guru, pengawas dan kepala sekolah se Kabupaten Agara.

Menurut rektor, Kemenristek Dikti telah memberikan kepercayaan kepada UMSU untuk mengelola dua Prodi itu dalam rangka mencerdaskan bangsa. MoU yang dibangun kedua belah pihak atas dasar kepercayaan dan integritas yang dimiliki dua lembaga ini. Rektor menyambut baik program Pemkab yang akan memberikan beasiswa kepada ASN untuk meningkatkan kualifikasi pendidikan.

Wakil Rektor II Akrim, M.Pd mengatakan UMSU sejak awal memberikan perhatian penuh pada peningkatan kualifikasi dan kompetensi baik untuk  tenaga pendidik dan non tenaga pendidik yang menimba ilmu di UMSU. Hal itu mendapat kepercayaan masyarakat sehingga UMSU menjadi PTS terbesar di Sumut dan lima besar dari 176 Perguruan Tinggi Muhammadiyah di Indonesia.

Dalam sesi tanya jawab, sejumlah guru dan kepala sekolah di bawah naungan Kemendikbud dan Kemenag menyatakan hasratnya untuk meningkatkan kualifikasi pendidikannya di UMSU, apalagi Pemkab Agara menyediakan progam beasiswa untuk melanjutkan pendidkan di UMSU.

Kepsek SMA Prisai Kab. Agara Drs Abdurrahman mengatakan sosialisasi  UMSU di Pemkab Agara diapresiasi, karena dapat membantu guru  untuk termotivasi meningkatkan kualifikasi dan kompetensi sesuai MoU antara UMSU dengan Pemkab. Sebagian ASN yang lain mengatakan masih mempercayakan pendidikan anak di UMSU, apalagi banyak masyarakat Kutacane kuliah di UMSU. Rektor mengatakan saat ini ada 400 mahasiswa asal Kutacane belajar di UMSU. (Trq)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.