IMM FE Jadi Motor Pembangunan Desa

UMSU menjadikan Kec. Pantailabu menjadi pilot project dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir di Kab. Deliserdang.

Rektor UMSU Dr Agussani, M.AP diwakili WR III Rudianto, M.Si mengatakan UMSU berkewajiban memberikan perhatian kepada masyarakat pesisir agar bangkit dan berjaya. UMSU, lanjut Rudianto, konsern pada kegiatan pemberdayaan masyarakat karena bagian dari Tridharma Perguruan Tinggi.

“UMSU siap membantu dan menjadikan Desa Bagan Serdang di Pantailabu menjadi desa binaan,” katanya dalam acara membangun kerjasama sekaligus penyerahan bantuan 200 bibit bebek, 200 potong celana jeans untuk nelayan melaut, 250 seragam sekolah serta ratusan batang bibit pohon mangrove yang dikemas dalam bakti sosial, dilaksanakan oleh Pimpinan Komisariat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Sumatera Utara (IMM) Fakultas Ekonomi bekerjasama dengan Lantamal l Belawan, di Desa Bagan Serdang, Rabu (12/1).

Rudianto mengatakan melalui desa binaan, maka masyarakat Pantailabu menjadi saudara dekat. Dengan demikian UMSU memiliki tambahan desa binaan setelah Desa Jaring Halus, Kab. Langkat.

Rudianto menyampaikan apresiasi kepada PK IMM Fakultas Ekonomi menjadi motor pembangunan desa di awal tahun 2017. Begitu juga Lantamal I Belawan yang kosern membangun desa pesisir bersama UMSU. Masih banyak yang harus kita bangun di desa seperti sektor pendidikan yang pertama sekali mengubah pola pikir masyarakat, di samping mengiatkan aktivitas kewirausahaan untuk mengembangkan ketrampilan. Dengan bakti sosial ini diharapkan masyarakat dapat meningkatkan kesejahteraan dan mengubah cara pandang untuk dapat menatap masa depan masyarakat pesisr lebih baik.

Masyarakat Pantailabu yang 90 persen nelayan harus merasakan potensi daratan yang luas, memiliki jalur sungai dan laut tempat mencari ikan, hutan mangrove serta tak kalah penting terdapat Bandara. Potensi itu jangan lagi dirasakan orang luar. Dengan demikian masyarakat mampu bangkit dari ketimpangan kesejahteraan dan sosial.

Di hadapan masyarakat dan pejabat yang hadir, Rudianto menegaskan UMSU menginginkan masyarakat Pantailabu berkemajuan. Untuk itu secara terbuka UMSU menerima generasi muda Pantailabu melanjutkan pendidikan hingga meraih sarjana.

Danlantamal I Belawan diwakili Letkol (Mar) Ismail Rambe mengatakan kondisi masyarakat menjadi tantangan bagi mahasiswa. Untuk itu mahasiswa harus menciptakan program, jika sudah tamat dapat meningkaktkan kesejahteraan dan pendidkan bagi masyarakat pesisir. “Lantamal I Belawan akan selalu membantu program desa binaan pesisir yang dilakukan oleh UMSU,” ujarnya.

Camat Pantailabu mengapresiasi dukungan dari UMSU dalam memajukan Deliserdang yang berdaya saing. Bakti sosial yang dilaksanakan di Desa Bagan Serdang sebagai bentuk perhatian dan kepercayaan yang dicurahkan bagi Kecamatan Pantailabu. Camat meminta kepercayaan UMSU harus bisa dikembangkan oleh masyarakt.

Menurut camat, sasaran bakti sosial mahasiswa UMSU di Pantailabu sangat tepat karena 90 persen dari 46.000 jiwa jumlah penduduk yang tersebar di tujuh desa adalah buruh nelayan dengan penghasilan kecil. Mereka menggunakan kapal dan alat tangkap yang tidak bersahabat dengan lingkungan. Pukat trawl yang digunakan nelayan telah mengangkat ikan-ikan kecil kecil akibatnya semakin hari nelayan semakin sulit mendapat ikan .

Camat mengatakan dengan program UMSU ini diharapkan dapat membuat nelayan sejahtera dan maju. Anak nelayan harus terus didorong belajar minimal sampai ke jenjang SMA. Dia mendukung UMSU mendorong pendidikan anak nelayan sampai sarjana.

Sementara sejak 9-15 Januari mahasiswa UMSU berbaur dengan masyarakat dengan melakukan berbagai kegiatan seperti pengobatan gratis, Posyandu, pelatihan kewirusahaan dengan membuat kerupuk dari daun cerucuk serta perlombaan keislaman.

Turut hadir Wakapolsek Pantailabu, Kadis Sosial dan Perindag Deliserdang, Kepala Desa Bagan Serdang Imran, Ketua PK IMM FE Khairul Akhyar Siregar, Dekan FE UMSU Zulasfan Tupti, MM serta masyarakat setempat. (Trq)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.