PP Muhammadiyah: Tonggak Sejarah Baru UMSU

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara sukses meluncurkan penggunaan aplikasi sistem informasi akademik di Aula Kampus UMSU Jalan Kapt. Mukhtar Basri, Rabu (25/1).

Ketua Majelis Dikti dan Litbang PP Muhammadiyah Prof Lincolin Arsyad, Phd didampingi Rektor UMSU Dr Agussani, MAP Phd, Rektor UMY Dr Gunawan Budiyanto, Ketua Badan Pembina Harian UMSU Drs Firdaus Naly dan unsur PW Muhammadiyah menekan tombol sirene tanda dimulai penggunaan sistem informasi tersebut.

Sivitas akademika, mahasiswa dan stakeholder menyambut dengan gegap gepita peluncuran aplikasi berbasis IT ini, yang didukung dengan layar LED ukuran 2×5 meter, full HD dengan 128 pixel/kabinet (indoor dan outdoor).

Turut hadir dalam acara ini WR I Dr Muhammad Arifin Gultom, WR II Akrim, MPd dan WR III Rudianto, M.Si, Rektor Universitas Muhammadiya Palembang Abid Djazuli, SE, Ketua Badan Penjaminan Mutu Dr Mukti Fajar MD, Direktur Pascasarjana UMY, tim informasi teknologi (IT)serta para pimpinan bank mitra UMSU seperti BRI Syariah, Bank Mandiri dan Mandiri Syariah.

Ketua Majelis Dikti Litbang Prof Lincolin Arsyad, Phd mengatakan peluncuran aplikasi sistem informasi ini merupakan tonggak sejarah bagi UMSU dalam menerapkan sistem tata kelola akademik dan keuangan yang lebih baik.

Menurut Prof Lincolin, UMSU memiliki puluhan ribu mahasiswa tidak mungkin lagi dikelola secara manual melainkan dengan dukungan IT. Majelis Dikti Litbang PP Muhammadiyah mendukung kolaborasi UMY dan UMSU yang berhasil membangun sistem informasi yang cerdas. Pada awalnya Majelis Dikti Litbang menginginkan pengelolaan Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) secara sungguh-sungguh dan tidak main-main agar PTM mempunyai impact sehingga terwujud good university governance.

UMSU, menurut Prof Lincolin, telah menjadi PTS terkemuka di Sumatera Utara. Untuk itu upaya membenahi sistem informasi merupakan langkah yang tepat dan penting agar meraih Akreditasi A. Selain itu, dengan sistem informasi ini, UMSU menjadi siap mengelola potensi akademik, mahasiswa dan aset secara baik dan tepat sesuai prinsip good university governance. UMSU salah satu dari lima PTM terbesar dari 176 PTM di Indonesia memiliki tata kelola yang cukup baik.

Lincolin menyatakan perkembangan UMSU di Sumatera tergolong cepat. Majelis Dikti dan Litbang mengharapkan momentum peluncuran sistem informasi ini dapat menjadikan UMSU sebagai leader di Sumatera sekaligus mencetak kader-kader IT yang memiliki akhklakul karimah untuk mengelola sistem informasi ini agar tidak disalahgunakan.

Rektor mengatakan, peluncuran aplikasi sistem informasi akademik sudah lama direncanakan dan baru ini dapat diluncurkan. Sistem informasi yang dibangun bersama dengan tim IT dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta ini, berbasis web yang dapat digunakan dengan membuka web browser seperti mozilla firefox, google crome, opera dan web browser lainnya.

Menurut rektor, aplikasi ini bermanfaat bagi mahasiswa dan orang tua mahasiswa untuk melihat biodata, nilai, data keuangan, KRS online, jadwal kuliah serta jadwal akademik lainnya. Selain mahasiswa dan orangtua, sistem informasi akademik akan diperuntukkan bagi dosen melihat biodata, aktivitas mengajar, dosen wali, KRS, menginput nilai, bahan dan tugas kuliah serta data akademik lainnya. “Saya berharap sistem informasi ini dapat bermanfaat bagi mahasiswa

Rektor mengatakan, UMSU berhasil meluncurkan sistem informasi akademik ini tidak terlepas dari komitmen universitas menerapkan tata kelola perguruan tinggi yang transparan, memiliki konsensus dan berintegritas. Tidak sampai di situ, UMSU terus berusaha mencari terebosan agar setaraf dengan PTM di luar Sumatera.

Sementara Rektor UMY Dr Gunawan Budiyanto menyampaikan, tim IT UMY bekerjasama dengan UMSU sejak 2013 untuk mempersiapkan sistem informasi akademik ini. Dukungan UMY kepada UMSU dalam membangun sistem informasi ini sebagai bukti PTM serius mengurus anak bangsa. “Seharusnya pemerintah berterimakasih kepada Muhammadiyah,” katanya.

Dr Gunawan menegaskan, membangun sistem informasi ini bagian dari program pengembangan konten akademik dan mutu PTM. Dia mengatakan kalau mengurus PTM jangan ala kadarnya. Kalau mau mampir ingin makan dan minim jangan pimpin PTM.

Dr Gunawan salut pada Rektor UMSU Dr Agussani, MAP yang mau berfikir terbuka dan senang (open mind) membicarakan hal-hal yang remeh-temeh sampai pada hal strategis untuk mengembangkan PTM sehingga UMSU unggul, cerdas dan terpercaya di Sumatera.

Menurut Dr Gunawan, sehebat apapun program yang dibangun tanpa bantuan IT akan berjalan lambat. Untuk itu, UMY akan terus mengembangkan IT dengan UMSU dan PTM lainnya. IT mirip seperti manager atau pengambil kebijakan di sebuah perusahaan, kapan dia harus maju dan mundur sehingga fungsinya sangat dibutuhkan saat ini. Dengan peluncuran sistem informasi ini, lanjutnya, maka UMSU akan lebih siap menghadapi kebijakan Kemenristek Dikti yang akan menerapkan pin penomoran induk nasional bagi sejumlah lulusan. Sistem informasi ini juga akan memberikan hak kepada orangtua mahasiswa atas kinerja akademik anaknya.

Pada acara peluncuran, panitia memperagakan cara penggunaan sistem informasi berbasis internet ini kepada mahasiswa dan orangtua mahasiswa melalui layar LED 2×5 meter full HD. Kemudian, Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Dr Abdul Mu’ti menyampaikan testemoninya di layar LED. Dia menyampaikan UMSU memasuki babak baru dalam rangka meningkatkan pelayanan administrasi untuk mendukung kualitas pendidikan mahasiswa sehingga UMSU meraih posisi bergengsi di dunia global.

Pada kesempatan itu, Rektor Dr Agussani, MAP didampingi pimpinan BSM di Medan menyerahkan sertifikat selamat dan sukses kepada 10 alumni UMSU yang lulus diterima bekerja di Bank Mandiri Syariah (BSM).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.