Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara bekerjasama dengan Pangkalan Utama Angkatan Laut I Belawan mendukung program ketahanan pangan pemerintah dengan bakti sosial berupa pemberian bantuan benih ikan kepada masyarakat pesisir di Kelurahan Sicanang, Belawan, Selasa (14/3).

Bakti sosial diawali dengan penyerahan benih ikan kepada petani tambak oleh Wakil Komandan Lantamal I Belawan,  Kolonel Laut (P) Nursyawal Embun. Diikuti penaburan benih oleh perwakilan dari Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) dan universitas lain serta perusahaan.

Menurut Wadan Lantamal I Belawan, pemberian bantuan benih ikan yang berasal dari sumbangan Lantamal I Belawan dan berbagai universitas dan donatur dari perusahaan adalah bagian dari program mendukung ketahanan pangan pemerintah.

“Kita berharap bantuan benih ikan yang diberikan kepada petani tambak bisa lebih dikembangkan sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata Kol. Laut (P), Nursyawal Embun.

Dia juga berharap kerjasama yang dilakukan Lantamal I Belawan dengan UMSU dan donatur lainnya bisa terus berlanjut dalam rangka pemberdayaan masyarakat.”Ke depan program kerjasama diharapkan terus berlanjut untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya di kawasan pesisir,” katanya.

Rektor UMSU, Dr Agussani, MAP diwakili Dekan Fakultas Agama Islam, Dr Muhammad Qorib mengatakan, kerjasama UMSU dengan Lantamal I Belawan sudah cukup lama terjalin, khususnya melalui kegiatan bakti sosial masyarakat.

Bahkan UMSU bersama Lantamal I Belawan sama-sama memiliki desa binaan, tepatnya di kawasan pesisir Desa Jaring Halus, Langkat. “Prinsipnya UMSU berupaya selalu aktif mendukung program-program pemberdayaan masyarakat yang dilakukan Lantamal I Belawan.

Dijelaskan dia, sebagai lembaga pendidikan tinggi, UMSU sudah seharusnya terlibat aktif dalam kegiatan bakti sosial yang merupakan bagian dari tuntutan tri dharma perguruan tinggi yang salah satunya yakni pengabdian masyarakat. Untuk itu UMSU menjalin kerjasama dengan banyak lembaga untuk kegiatan yang bertujuan untuk memberdayakan masyarakat.

Keterlibatan aktif UMSU dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat juga bagian dari amanah PP Muhammadiyah. “UMSU diharapkan untuk ikut terlibat aktif dalam pemecahan masalah persoalan bangsa,” kata Qorib.

Acara bakti sosial pemberian benih ikan juga diisi dengan gerakan penghijauan penanaman bibit mangrove. Acara penanaman bibit mangrove diawali oleh Wadanlantamal I Belawan diikuti perwakilan perguruan tinggi dan perusahaan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.