Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara menjadi salah satu peserta dalam bincang Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) bersama Andy F Noya yang dikenal sebagai pembawa acara Kick Andy dalam dalam acara Badan Usaha Gathering 2017 yang digelar BPJS Kesehatan Divre II.

UMSU diwakili Akrim SPd MPd selaku Wakil Rektor II dalam acara yang juga dihadiri Direktur Kepesertaan dan Pemasaran BPJS Kesehatan Andayani Budi Lestari,  dan Sekdaprov Riau Ahmad Hijazi. Dalam acara itu, UMSU diminta untuk ikut memberikan penjelasan tentang upaya yang dilakukan dalam mendorong sukses progran JKN-KIS.

Menurut Akrim kepada wartawan di Medan, Senin (1/5), UMSU   sejak 2014-2017 telah mengintegrasikan sebanyak 726 pegawai/dosen dan 694 anggota keluarga pegawai ke BPJS Kesehatan untuk mendapatkan perlindungan kesehatan secara maksimal.

“Setiap bulan UMSU mengalokasikan anggaran Rp65 juta untuk membayar premi asuransi kesehatan non polis, kategori kelas dua” katanya sembari menambahkan, sumber anggaran pembayaran premi berasal dari anggaran kampus.

Dijelaskan dia, alokasi anggaran premi antara lain berasal dari keuntungan yang diperoleh dari usaha-usaha yang dikelola UMSU seperti usaha perkebunan sawit pada lahan seluas 150 hektare, BMT, BANK UMSU, kantin, serta perusahaan bergerak di bidang konsultan,” katanya.

Penghasilan kampus, katanya lagi, juga bertambah dari hibah penelitian kampus yang diberikan Kemenristek Dikti sebesar Rp5 miliar-Rp15 miliar pertahun. Perolehan hibah penelitian sebesar itu terkait UMSU tercatat sebagai perguruan tinggi swasta satu-satunya di Kota Medan yang masuk dalam kluster utama.

Menurut dia, sumber pendanaan UMSU cukup besar, sehingga mahasiwa bisa terbantu dalam membayarkan premi BPJS Kesehatan mereka. Kebijakan ini ditempuh untuk meringankan beban keuangan orang tua mahasiwa, apalagi mereka tinggal jauh dari orang tua.

“Pegawai UMSU sudah terintegrasi sejak 2014 saat pemisahan BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan,  karena sebelumnya pegawai UMSU sudah terjaring dalam Jamsostek,” katanya.

Saat ini,UMSU memiliki delapan fakultas yakni fakultas kedokteran, ekonomi, hukum, pertanian, tekhnik, keguruan, ilmu pendidikan, ilmu sosial dan politik, ilmu hukum, fakultas agama Islam, serta program studi pascasarjana ilmu hukum, notariat, manajemen, akutansi, manajemen pendidikan, pendidikan matematika,  dan tekhnik elektro serta lahan percobaan perkebunan sawit yang cukup luas.

UMSU dilengkapi fasilitas untuk peningkatan kualitas pendidikan, antara lain laboratorium pertanian,  tehnik mesin dan sipil. Untuk tenaga pengajar, kini didukung oleh 496 dosen tetap, 372 dosen tidak tetap, serta pegawai 289, dosen S3 sebanyak 115, dan beberapa orang lainnya mengikuti program pendidikan S2.

Sementara itu dalam bincang tersebut, BPJS Kesehatan  mengingatkan para pemilik dan manajemen perusahaan untuk bergegas mendaftarkan entitas dan karyawannya menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

“Memperoleh jaminan kesehatan adalah hak setiap  pekerja yang tidak boleh ditunda, apalagi baru dipenuhi ketika pekerja yang bersangkutan sakit atau membutuhkan pelayanan kesehatan. Terlebih, sustainibilitas program JKN-KIS yang dikelola BPJS Kesehatan sangat bergantung kepada iuran peserta yang sehat untuk membayar biaya pelayanan kesehatan peserta yang sakit,” kata Direktur Kepesertaan dan Pemasaran BPJS Kesehatan, Andayani Budi Lestari.

Dalam acara tersebut, Andayani juga kembali menjelaskan mengenai aturan baru Coordination of Benefit (CoB) yang diklaim telah disempurnakan dari aturan sebelumnya dan lebih menguntungkan bagi peserta maupun perusahaan Asuransi Kesehatan Tambahan (AKT).

Sedangkan, Andi F Noya yang dikenal sebagai presenter program Kick Andy yang ikut mejadi narsumber mengatakan ia sangat mendukung adanya jaminan kesehatan untuk masyarakat yang dilaksanakan BPJS kesehatan. Dimana dalam konteks kesehatan banyak drama yang terjadi di masyarakat kurang mampu yang disaksikannya sendiri.

“Dengan adanya program JKN KIS ini sangat menolong saudara kita yang kurang mampu,” ucapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here