Observatorium Ilmu Falak Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara yang terletak di kampus Pascasarjana, Jalan Denai Medan, Jumat (26/5) menjadi pusat pengamatan hilal bagi Pemerintah Kota Medan bersama Majelis Ulama Indonesia Medan serta Ormas keagamaan.

Pengamatan hilal dihadiri langsung Wali Kota Medan, Drs H Djulmi Eldin, MSi bersama Rektor UMSU, Dr Agussani, MAP, Kakandepag, H. Iwan Zulhami, SH,M.AP, Ketua MUI Medan, Prof Dr H Mohammad Hatta, MA, KH Dr Amiruddin, MSi. Pengamatan dilakukan di lantai 7 gedung pascasarjana menggunakan sejumlah teleskop terbaru yang dimiliki OIF UMSU.

Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin mengatakan, sangat bangga dengan fasilitas dan peralatan yang dimiliki OIF UMSU  karena semakin lengkap dan terus diperbarui. Sudah seharusnya keberadaan OIF UMSU mendapat dukungan semua pihak karena sangat bermanfaat bagi masyarakat khususnya dalam mendukung dan mengembangkan ilmu pengetahuan.

Eldin menegaskan, OIF UMSU sangat besar peranannya dalam mendukung pembangunan di kota Medan. Kerjasama Pemko Medan dengan UMSU diharapkan tidak hanya dalam pengamatan hilal, tapi bisa lebih dikembangkan untuk kemajuan pendidikan.

Pengamatan hilal dilakukan sekitar pukul 18.15 WIB, namun cuaca mendung menghalangi melihat hilal melalui peralatan teleskop yang disediakan. Tapi tidak mengurangi antusias Walikota Medan dan para tokoh serta masyarakat yang hadir untuk mencoba menggunakan peralatan teleskop terbaru yang dimiliki OIF UMSU.

Rektor UMSU, Dr Agussani, MAP mengatakan, OIF telah memiliki sejumlah teleskop canggih berbasis digital. Teleskop tersebut memudahkan siapa saja yang mengamati hilal meski pada siang hari. Pengamatan dengan menggunakan teleskop OIF dapat langsung terekam komputer dan hasilnya terdokumentasi sehingga menjadi bahan kajian yang hasilnya dapat bermanfaat bagi masyarakat luas.

“Pengamatan hilal bersama Pemko Medan, MUI dan bekerjasama dengan BMKG tidak hanya bermanfaat untuk masyarakat muslim di Sumatera Utara. Kegiatan ini juga bagian dari pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi di antaranya melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat,” katanya

OIF UMSU juga menyediakan ruang wisata dan edukasi bersifat konvensional dan digital yang dapat membuka cakrawala pada dunia ruang angkasa. Fasilitas inilah yang selama ini banyak menarik perhatian masyarakat khususnya pelajar di Kota Medan untuk melakukan kunjungan wisata edukasi.

Sementara itu, Ketua MUI Kota Medan, Prof Dr H Mohammad Hatta memberikan apresiasi kepada UMSU yang telah memfasilitasi kegiatan pertemuan dengan berbagai ormas keagamaan melalui pengamatan hilal. Kebersamaan ini sangat bermanfaat karena sekaligus bisa jadi ajang silaturahim.

Sedangkan Kakandepag Kota Medan, H. Iwan Zulhami, SH,M.AP, bersyukur karena berdasarkan perhitungan yang dikuatkan dengan pengamatan hilal secara langsung maka puasa tahun ini bisa dilakukan secara bersamaan. “Ini merupakan rahmat yang patut kita syukuri,” katanya.

Sebelumnya Kepala OIF UMSU, Dr Arwin Juli Rakhmadi Butar butar mengatakan, pihaknya  telah mengetahui awal Ramadhan berdasarkan perhitungan dan pengamatan langsung yang dilakukan.

“Tim OIF UMSU setiap harinya telah melakukan mengamatan dengan cermat dan hasilnya telah dilaporkan ke Pimpinan Pusat Muhammadiyah,” katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.