Panglima Komando Pertahanan Udara Nasional (Pangkosekhanudnas) III Marsekal Pertama TNI Tribowo Budi Santoso memberikan motivasi kepada 3.572 mahasiswa baru UMSU yang mengikuti rangkaian acara Masa Taaruf (MASTA) tahun 2017/2018, di Kampus UMSU Jalan Kapt. Mukhtar Basri Medan, Rabu (6/9).

MASTA adalah kelanjutan dari kegiatan PKKMB yang bermakna  tentang pengkaderan tahap dasar  dan pengenalan tentang organisasi Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) kepada setiap mahasiswa baru yang studi di UMSU. Acara ini berakhir Sabtu lalu, ditutup secara resmi oleh pimpinan fakultas di masing-masing fakultas.

Sebelumnya, PKKMB selama 2 hari dibuka oleh Pangdam  I/BB Mayjen TNI Cucu Somantri sekaligus memberikan ceramah tentang wawasan kebangsaan dan bela negara. Selanjutnya materi diisi oleh Wakapoldasu Brigjen Pol Agus Andrianto.

Pangkohanudnas dalam ceramah interaktif dengan mahasiswa,  menyampaikan harapannya kepada mahasiswa baru UMSU sebagai generasi muda Indonesia berperan strategis mewujudkan bangsa pemenang.

“Saya menaruh harapan besar kepada mahasiswa baru UMSU untuk berperan strategis mewujudkan  bangsa pemenang,” katanya.

Menurut Pangkohanudnas, kekhawatiran terhadap ancaman global dan persaingan akan dirasakan oleh bangsa Indonesia akan dapat dijawab oleh generasi muda yang rajin, inovatif, kreatif, berdaya saing serta selalu berdoa kepada Allah Swt.

Pangkohanudnas mendorong mahasiswa UMSU untuk menjadi seorang pemimpin. Syaratnya harus mengenal dan menguasai diri serta potensi yang ada.

Pongkohanudnas berharap mahasiswa dengan derajat keilmuan paling tinggi dalam setiap langkah tindakan harus selalu menggunakan akal pikiran dan hati nurani. Sebagai agen perubahan pemuda/mahasiswa selalu berperan penting dalam mengisi sejarah bangsa.

Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera (UMSU) Dr Agussani MAP mengatakan, Ikatan Pelajar Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) harus menjadi tuan di rumah sendiri.

Untuk jadi tuan di rumah sendiri, kata Agussani, IMM harus mampu menunjukkan jatidirinya sebagai organisasi kader persyarikatan Muhammadiyah. “Aktivis IMM itu harus memiliki karakter, disiplin dan mampu berkontribusi untuk memajukan dan menjaga kampusnya,” ujar Agussani.

Agussani juga menyampaikan apresiasi terhadap pelaksanan MASTA Kolosal 2017. “Ini merupakan yang terbaik dan tersukses sepanjang sejarah pelaksaan MASTA di UMSU,” ungkapnya yang disambut tepuk-tangan  ribuan Mastawan dan Mastawati UMSU.

Turut hadir  dan memberikan motivasi yakni Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumut Prof. Dr Hasyimsyah Nasution, Ketua PP IMM Taufan Putra Revolusi Korompot,  Pimpinan Cabang IMM Kota Medan. Hadir juga WR I Dr Muhammad Arifin Gultom, WR II Akrim, M.Pd, WR III Dr Rudianto, M.Si, Pengurus DPD IMM Sumut dan sejumlah alumni IMM Sumut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.