32 Mahasiswa Prodi PAI Ikuti Kegiatan PPL II

Sebanyak 32 mahasiswa program studi pendidikan agama Islam mengikuti kegiatan PPL II di sekolah yang telah ditetapkan oleh Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera.

Sekolah yang telah ditetapkan yaitu Madrasah Aliyah Muhammadiyah 1 Medan, SMP Muhammadiyah 57 Medan, MTs Muhammadiyah 15 Medan dan SMP Muhammadiyah 04 Medan. Setiap sekolah memiliki dosen pendamping di antaranya Drs. H. Mario, MA, Drs. Zulkarnein, MA, Robie Fanreza, M.Pd.I, dan Hasrian Rudi Setiawan, M.Pd.I. Dan setiap mahasiswa akan diberikan guru pamong sesuai mata pelajaran terkait bidang studi agama.

Alur kegiatan PPL II yaitu dengan menentukan tempat pratik oleh prodi dilanjutkan dengan mensurvey tempat. Kemudian mahasiswa diberikan pembekalan dan buku panduan. Berikutnya mahasiswa diantarkan kesekolah. Kemudian dilakukan mentoring oleh dosen kepada mahasiswa yang PPL. Dan pada tanggal yang telah ditentukan berakhir PPL maka dijemput.

Syarat mahasiswa mengikuti kegiatan PPL II memiliki kartu mahasiswa dan terdaftar sebagai mahasiswa aktif. Memiliki Kartu Rencana Studi (KRS) semester yang sedang berjalan dan memuat mata kuliah PPL II. Lulus mata kuliah mikro teaching (PPL I) dengan nilai paling rendah c. Bersedia ditempatkan di sekolah-sekolah mitra yang telah ditetapkan oleh FAI-UMSU. Telah melunasi uang perkuliahan tahap 1.

Kegiatan ini berlangsung selama tiga bulan dari 28 September sampai 14 Desember 2018. Tujuan PPL II ini melatih mahasiswa prodi PAI sebagai calon guru untuk mendapatkan pengalaman mengajar dalam situasi nyata disekolah. Berharap dengan memberikan pengalaman nyata kepada mahasiswa akan membuat mahasiswa siap untuk menjadi seorang guru. Mahasiswa akan melihat juga situasi sekolah dari kegiatan administrasi, belajar mengajar, keterampilan mengajar, suasana kehidupan sekolah secara nyata. (Robie Fanreza)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here