Fakultas
Ditulis oleh ICT UMSU    Sabtu, 09 Agustus 2008 15:33    PDF Cetak E-mail

Saat ini UMSU mengasuh 7(tujuh) fakultas yang terdiri dari 23 program studi. Setiap fakultas menawarkan program studi yang disesuaikan dengan standar kurikulum nasional dan pengembangan kurikulum lokal. Penyusunannya dilakukan sesuai dengan Visi UMSU yang berwawasan global. Berikut ini disajikan program-program studi yang diasuh UMSU sampai saat ini.

 

Fakultas Agama Islam

 

Fakultas Agama Islam (FAI) didirikan tahun 1980. FAI mempunyai visi sebagai pusat pengembangan dan pengajaran Islam komprehensif, yang dapat melahirkan sarjana yang memiliki kompetensi sebagai ulama, pendidik dan juru dakwah yang handal serta didukung oleh kemampuan ilmu agama dan bahasa yang dapat menghadapi perkembangan global. FAI saat sekarang ini dipimpin oleh Drs. Hasanuddin, MD dan mengasuh dua program studi, yaitu :

 

1. Komunikasi dan Penyiaran Islam (Dakwah)

 

Program Studi Komunikasi dan Penyiran Islam (KPI) yang diketua oleh Drs. Zulkarnaen Lubis,M.A. mempunyai visi pada konsentrasi kadel ulama sebagai pusat keunggulan dalam pengembangan dakwah plus Ulama untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Muhammadiyah khususnya dan masyarakat Islam pada umumnya. Jumlah Mahasiswa Program Studi KPI sampai dengan tahun 2005 sebanyak 17 orang.

 

2. Pendidikan Agama Islam (Tarbiyah)

 

Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) yang diketuai oleh Dra. Nurzannah,M.Ag. mempunyai visi sebagai pusat keunggulan dalam penyelenggaraan dan pengembangan Pendidikan Agama Islam untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dalam konteks perkembangan pembelajaran Agama Islam. Jumlah Mahasiswa Program Studi PAI tahun 2005 sebanyak 262 orang.

 

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

 

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) didirikan pada tahun 1974 dan saat sekarang ini dipimpin oleh Dra. Hj. Nur'ain Lubis, M.AP. FKIP mempunyai visi sebagai pusat pengembangan dan pengajaran calon pendidik yang handal dan profesional, serta dapat melahirkan sarjana pendidikan yang memiliki kompetensi profesional dibisang pengajaran, keislaman yang baik dan memiliki kemampuan berkomunikasi dalam era globalisasi. FKIP saat sekarang ini menyediakan dua waktu perkuliahan, yaitu pagi dan malam hari, serta mengasuh 6 (enam) program studi, yang terdiri dari :

 

1. Pendidikan Matematika

 

Program Studi Pendidikan Matematika yang diketuai oleh Elfrianto, S.Pd., M.Pd. mempunyai visi sebagai pusat studi penyelenggaraan pendidikan matematika untuk memenuhi kebutuhan sekolah yang berbasis kompetensi dalam konteks perkembangan pengajaran matematika saat ini. Sampai dengan tahun 2005, jumlah Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika sebanyak 517 orang.

 

2. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

 

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang diketuai oleh Dra. Syamsuyurnita mempunyai visi sebagai pusat studi penyelenggaraan pendidikan bahasa dan sastra Indonesia untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dalam konteks perkembangan pengajaran bahasa dan sastra Indonesia saat ini. Sampai dengan tahun 2005, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia memiliki jumlah Mahasiswa sebanyak 335 orang.

 

3. Pendidikan Bahasa Inggris

 

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris yang diketuai oleh Habib Syukri Nasution, S.Pd., M.Hum. mempunyai visi sebagai pusat studi penyelenggaraan pendidikan bahasa inggris jenjang strata satu (S1) untukmenciptakan sarjana pendidikan bahasa inggris yang berkeislaman, keilmuan, kebangsaan, kebahasaan dan keterampilan dalam mengajar dan mendidik. Jumlah Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris sampai dengan tahun 2005 sebanyak 1.303 orang.

 

4. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

 

Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yang diketuai oleh Drs. H. Sulaiman Effendi mempunyai visi sebagai pusat studi penyelenggaraan pendidikan pancasila dan kewarganegaraan untuk memenuhi kebutuhan sekolah yang berbasis kompetensi dalam konteks perkembangan pengajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan. Sampai tahun 2005, jumlah Mahasiswa Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan sebanyak 83 orang.

 

5. Pendidikan Akuntasi

 

Program Studi Pendidikan Akuntansi yang diketuai oleh Drs. Marnoko, M.Si. mempunyai visi sebagai pusat studi penyelenggaraan pendidikan Akuntansi yang menghasilkan sarjana pendidikan yang profesional yang beriman dan bertaqwa kepada ALLAH, ahli dalam bidangnya, unggul serta memiliki kompetensi dalam bidang keilmuan pada bidang pendidikan ekonomi, khususnya pendidikan akuntansi. Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi sampai tahun 2005 sebanyak 311 orang.

 

6. Bimbingan dan Konseling

 

Program Studi Bimbingan dan Konseling mempunyai visi sebagai pusat studi penyelenggaraan pendidikan bimbingan dan konseling yang menghasilkan sarjana pendidikan yang profesional yang beriman dan bertaqwa kepada ALLAH, ahli dalam bidangnya, unggul serta memiliki kompetensi dalam bidang keilmuan dan keterampilan untuk melakukan bimbingan dan konseling. Mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling sampai tahun 2005 sebanyak 11 orang.

 

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

 

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) didirikan pada tahun 1972. Fisipol mempunyai visi sebagai pusat pengembangan dan pengajaran dalam bidang sosial dengan integritas kepribadian yang tinggi, cerdas, unggul, profesional, dan terpecaya. Fisipol saat ini dipimpin oleh Drs. Jamaluddin Purba dan mengasuh 3 (tiga) program studi, yang terdiri dari :

 

1. Ilmu Kesejahteraan Sosial

 

Program Studi Ilmu Kesejahteraan Sosial mempunyai visi sebagai pusat studi penyelenggaraan pendidikan tinggi ilmu kesejahteraan atau pekerjaan sosial, pengembangan dan pemberdayaan masyarakat berdasarkan nilai-nilai keislaman dan kebangsaan. Jumlah Mahasiswa Program Studi Ilmu Kesejahteraan Sosial pada tahun 2005 sebanyak 28 orang.

 

2. Ilmu Administrasi Negara

 

Program Studi Ilmu Administrasi Negara yang diketuai oleh Drs. Syafrizal, M.Si. mempunyai visi sebagai pusat studi penyelenggaraan pendidikan tinggi Ilmu Administrasi Negara atau Administrasi Publik, pengembangan dan pemberdayaan masyarakat berdasarkan nilai-nilai keislaman dan kebangsaan. Sampai tahun 2005, jumlah Mahasiswa Program Studi Ilmu Administrasi Negara sebanyak 280 orang.

 

3. Ilmu Komunikasi

 

Program Studi Ilmu Komunikasi yang diketuai oleh Rudianto, S.Sos. mempunyai visi sebagai pusat studi penyelenggaraan pendidikan tinggi Ilmu Komunikasi, pengembangan dan pemberdayaan masyarakat komunikasi dan informasi berdasarkan nilai-nilai masyarakat komunikasi dan informasi berdasarkan nilai-nilai keislaman dan kebangsaan. Sampai tahun 2005, jumlah Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi sebanyak 474 orang.

 

Fakultas Pertanian

 

Fakultas Pertanian (Faperta) didirikan pada tahun 1974. Faperta mempunyai visi sebagai pusat pengembangan dan pengajaran di bidang pertanian yang profesional serta mampu berkompetisi dan mempunyai wawasan global. Saat ini, Faperta di pimpin oleh Ir. Muhammad Buchari Sibuea, M.Si. serta mengasuh 4 (empat) program studi, yang terdiri dari :

 

1. Agronomi

 

Program Studi Agronomi yang diketuai oleh Khayamuddin Panjaitan, S.P., M.Agr., Sc. mempunyai visi sebagai pusat studi penyelenggaraan pendidikan pertanian yang menghasilkan sarjana muslim yang ahli, unggul, kreatif, profesional dalam bidang agronomi atau budidaya pertanian sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berwawasan global. Jumlah Mahasiswa Program Studi Agronomi tahun 2005 sebanyak 150 orang.

 

2. Ilmu Hama dan Penyakit Tumbuhan

 

Program Studi Ilmu Hama dan Penyakit Tumbuhan yang diketuai oleh Nursamsi, S.P., M.M mempunyai visi sebagai pusat studi penyelenggaraan pendidikan pertanian yang menghasilkan sarjana muslim yang ahli, unggul, profesional dalam mengelola hama dan penyakit tumbuhan sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan melalui penemuan, penerapan, pengembangan, perbaikan dan penyebaran dalam bidang ilmu pengetahuan teknologi dan seni perlindungan tanaman berbasis sumber daya hayati untuk mendukung pertanian yang berkelanjutan. Sampai tahun 2005, jumlah Mahasiswa Program Studi Ilmu Hama dan Penyakit Tumbuhan sebanyak 37 orang.

 

3. Sosial Ekonomi Pertanian / Agrobisnis

 

Program Studi Agrobisnis yang diketuai oleh Sasmita Siregar, S.P., M.Si. mempunyai visi sebagai pusat studi penyelenggaraan pendidikan pertanian yang menghasilkan sarjana muslim yang ahli, unggul, kreatif, profesional dengan integritas pribadi dan sosial yang tinggi serta memiliki daya analisis dan sintesis yang tinggi, melalui pemahaman dan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk mencari alternatif pemecahan masalah sosial ekonomi pertanian dalam pembangunan pertanian yang berkelanjutan. Pada tahun 2005, Program Studi Agrobisnis memiliki jumlah Mahasiswa sebanyak 157 orang.

 

4. Teknologi Hasil Pertanian

 

Program Studi Teknologi Industri Hasil Pertanian yang diketuai oleh Budi Suarti, S.P., M.Si. mempunyai visi sebagai pusat studi penyelenggaraan pendidikan pertanian yang menghasilkan sarjana muslim yang ahli, unggu, kreatif, profesional sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang teknologi hasil pertanian. Mahasiswa Program Studi Teknologi Hasil Pertanian, sampai tahun 2005 berjumlah 49 orang.

 

Fakultas Ekonomi

 

Fakultas Ekonomi (Fekon) berdiri pada tahun 1980. Fekon mempunyai visi sebagai pusat pengembangan dan pengajaran yang menciptakan Ekonom yang berwawasan ilmiah, jujur, bertanggung jawab serta memiliki keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. Saat ini Fekon dipimpin oleh H. Muis Fauzi Rambe, S.E., M.M. dan dalam menjalankan proses belajar mengajarnya, Fekon menyediakan 3 (tiga) waktu perkuliahan, yaitu : pagi, sore dan malam. Sampai saat ini, Fekon mengasuh 4 (empat) program studi, yang terdiri dari :

 

1. Manajemen

 

Program Studi Manajemen yang diketuai oleh Azuar Juliandi, S.Sos, S.E., M.Si. mempunyai visi sebagai pusat penyelenggaraan pendidikan yang unggul dalam menghasilkan sarjana profesional, berdedikasi tinggi, jujur, bertanggung jawab serta memiliki kemampuan manajerial berdasarkan nilai-nilai keislaman. Sampai tahun 2005 ini, jumlah Mahasiswa Program Studi Manajemen sebanyak 2.341 orang.

 

2. Akuntansi

 

Program Studi Akuntansi yang diketuai oleh Januri, S.E., M.M. mempunyai visi sebagai pusat studi penyelenggaraan pendidikan yang unggul dalam menghasilkan sarjana profesional, berdedikasi tinggi, jujur, bertanggung jawab serta memiliki kecakapan dalam bidang Akuntansi. Mahasiswa yang terdaftar pada Program Studi Akuntansi saat ini berjumlah 2.430 orang.

 

3. Ekonomi Pembangunan

 

Program Studi Ekonomi Pembangunan yang diketuai oleh Sudardi, S.E. mempunyai visi sebagai pusat studi penyelenggaraan pendidikan yang unggul dalam menghasilkan sarjana profesional, berdedikasi tinggi, jujur, bertanggung jawab serta memiliki kemampuan dibidang Ilmu Ekonomi berdasarkan nilai-nilai keislaman. Jumlah Mahasiswa Program Studi Ekonomi Pembangunan sampai dengan tahun 2005 sebanyak 200 orang.

 

4. Manajemen Perpajakan

 

Program Studi Perpajakan yang diketuai oleh Sukma Lesmana, S.E., M.Si. merupakan satu-satunya program studi yang dimiliki UMSU berstatus Diploma III. Program Studi Manajemen Perpajakan mempunyai visi sebagai pusat studi penyelenggaraan pendidikan yang unggul dalam menghasilkan ahli madya yang profesional, berdedikasi tinggi, jujur, bertanggung jawab serta memiliki kecakapan dalam bidang perpajakan. Sampai tahun 2005, jumlah Mahasiswa Program Studi Manajemen Perpajakan sebanyak 382 orang.

 

Fakultas Hukum

 

Fakultas Hukum (Fahum) berdiri pada tahun 1982. Fahum mempunyai visi sebagai pusat studi penyelenggaraan pendidikan yang unggul dan profesional, pengembangan dan pemberdayaan insan dibidang hukum berdasarkan nilai-nilai keislaman dan kebangsaan. Fahum saat ini hanya mengasuh 1 (satu) program studi saja, yaitu Ilmu Hukum dengan jumlah Mahasiswa pada tahun 2005 sebanyak 1.789 orang. Sampai saat ini Fakultas Hukum dipimpin oleh Muhammad Arifin, S.H., M.Hum. Namun untuk menjawab tuntunan dari dunia perguruan tinggi atas sumber daya manusia dari Ilmu Hukum, Fakultas Hukum memfokuskan program studi Ilmu Hukum pada 6 (enam) konsentrasi, yaitu :

 

   1. Hukum Perdata yang dikepalai oleh Isnina, S.H, M.H.

   2. Hukum Pidana yang dikepalai oleh Nursariani Simatupang, S.H, M.Hum.

   3. Hukum Internasional yang dikepalai oleh Irwan Syahrizal, S.Sn., S.H., M.Hum.

   4. Hukum Acara yang dikepalai oleh Irham Buana Nasution, S.H., M.Hum.

   5. Hukum Bisnis yang dikepalai oleh Hj. Ida Hanifah, S.H., M.H.

   6. Hukum HTN/HAN yang dikepalai oleh Farid Wadji, S.H., M.Hum.

 

 

 

Fakultas Teknik

 

Fakultas Teknik (Fatek) berdiri pada tahun 1984. Fatek mempunyai visi sebagai pusat pengembangan dan pengajaran di bidang Teknik yang dapat bermanfaat bagi masyarakat. Fatek saat ini dipimpin oleh Ir. Zulkifli, AM. dan kemudian mengasuh 3 (tiga) program studi, yang terdiri dari :

 

1. Teknik Sipil

 

Program Studi Teknik Sipil yang diketuai oleh Ir. Sri Asfiati, M.T. mempunyai visi sebagai pusat studi penyelenggaraan pendidikan yang unggul dn profesional dalam pengembangan dan pemberdayaan insan dibidang teknik sipil berdasarkan nilai-nilai keislaman, dan kebangsaan. Jumlah Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil, sampai dengan saat ini sebanyak 150 orang.

 

2. Teknik Elektro

 

Program Studi Teknik Elektro yang diketui oleh Noorly Evalina, S.T. mempunyai visi sebagai pusat studi penyelenggaraan pendidikan yang unggul dan profesional dalam pengembangan dan pemberdayaan insan dibidang teknik elektro berdasarkan nilai-nilai keislaman dan kebangsaan. Sampai dengan tahun 2005, jumlah Mahasiswa Teknik Elektro sebanyak 223 orang.

 

3. Teknik Mesin

 

Program Studi Teknik Mesin yang diketuai oleh Hendri Nurdin, S.T. mempunyai visi sebagai pusat studi penyelenggaraan pendidikan yang unggul dan profesional dalam pengembangan dan pemberdayaan insan dibidang teknik mesin berdasarkan nilai-nilai keislaman dan kebangsaan. Sampai dengan saat ini, Mahasiswa Program Studi Teknik Mesin sebanyak 201 orang. 

 

Pascasarjana

 

Untuk menjawab tuntunan dari perkembangan ilmu pengetahuan, UMSU juga membuka program pascasarjan, diantaranya : Program Magister Ilmu Hukum yang berdiri pada tahun 2002, serta Program Magister Manajemen dan Magister Akuntantsi yang berdiri pada tahun 2004. Program Pascasarjan UMSU saat sekarang ini dipimpin oleh DR. Alesyanti, M.Pd.

 

    * Program Studi S2 :

      1. Magister Ilmu Hukum

      2. Magister Akuntansi (Kerjasama dengan UMJ)

      3. Magister Manajemen (Kerjasama dengan UMJ)

      4. Magister Ilmu Komunikasi (Kerjasama dengan UMJ)

 

 

 

 

Selain itu, seiring perkembangan dunia pendidikan dan banyaknya permintaan atas sumber daya manusia yang memiliki keahlian di bidang kesehatan dan teknolodi komputer, maka UMSU telah mulai melakukan pengembangan Fakultas Kedokteran dan Fakultas Ilmu Komputer. Pengembangan kedua Fakultas ini merupakan alrenatif yang paling tepat dilakukan UMSU sebagai jawaban dari perkembangan dunia pendidikan serta untuk memenuhi kebutuhan akan sumber daya manusia Indonesia yang unggul, cerdas, kreatif, profesional dan berwawasan global serta memiliki nilai-nilai keislaman dan kebangsaan yang tinggi.

 

( umsu.ac.id )

Terakhir Diperbaharui ( Rabu, 15 April 2009 00:12 )