Salah satu prasyarat penting bagi kemajuan suatu bangsa adalah hadirnya generasi berkualitas. Generasi penerus masa depan yang mampu bersaing dalam membangun peradaban bangsa. Generasi yang mampu menjamin perkembangan dan kelangsungan hidup bangsa itu, tidak terlepas dari pendidikan. Tanpa pendidikan yang cukup suatu bangsa akan mengalami keterbelakangan dalam segala bidang kehidupan. Untuk itu diperlukan sistem pendidikan yang dikelola secara profesional.

UMSU hadir untuk menjawab tantangan dari keinginan lahirnya generasi yang mampu menjawab persaingan masa depan. Sejalan dengan Visi UMSU “Sebagai Perguruan Tinggi Muhammadiyah yang unggul dalam membangun peradaban bangsa dengan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi, sumber daya manusia berdasarkan nilai-nilai keislaman dan kemuhammadiyahan”.

Melalui pengelolaan pendidikan profesional UMSU melahirkan generasi yang berdaya saing dengan tetap menjunjung tinggi nilai-nilai Islam dan kemuhammadiyahan. Saat ini UMSU telah siap melangkah di panggung dunia sebagai universitas berkelas internasional pada Tahun 2033.