Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara siap membangun sinergitas bersama ulama dan Tentara Nasional Indonesia diap membangun sinergitas dalam rangka menjaga stabilitas keamanan, menciptakan rasa kebersamaan dan persatuan serta menumbuhkan kecintaan pada tanah air.

“UMSU sebagai institusi pendidikan dan bagian dari masyarakat Indonesia siap berkontribusi dengan membangun sinergitas bersama ulama dan Tentara Nasional Indonesia dengan paetisipasi dalam menjaga stabilitas keamanan khususnya membangun kesadaran dan kecintaan pada tanah air melalui pendidikan,” ungkap Rektor, Dr. Agussani, MAP di Medan, Sabtu(25/7).

Dijelaskan dia, UMSU akan terus berupaya berpartisipasi dalam memberikan solusi dan pemecahan terhadap persoalan-persoalan sosial dan kemasyarakatan, baik di lingkup daerah maupun nasional. Hal ini sudah menjadi komitmen UMSU sekaligus sebagai wujud pelaksanaan tri darma perguruan tinggi.

Sinergitas UMSU bersama ulama dan TNI telah terjalin cukup lama ditandai dengan berbagai kegiatan di lingkungan kampus. “Sudah menjadi tradisi di UMSU untuk mengadakan kegiatan yang tujuannya menumbuhkan semangat dan kecintaan tanah air melalui pendidikan wawasan kebangsaan.

Untuk kegiatan akademik terkait pengembangan pendidikan wawasan kebangsaan ini diisi oleh pejabat dari kalangan TNI. Tercatat sebagai narasumber diantaranya, Panglima TNI, Jenderal TNI. Hadi Puwanto, Kapolri, Jenderal Tito Karnavian, Kasad, Mayjen TNI Edi Rahmayadi sekarang Gubernur Sumut. Termasuk Pangkoopsau I, Marsekal Muda TNI, Tri Bowo Budi Santoso semasa masih menjadi Panglima Komando Sektor Pertahanan Udara Nasional III Medan.

Menurut Rektor, tradisi memberikan pendidikan wawasan kebangsaan dan menumbuhkan kecintaan tanah air kepada sivitas akademika UMSU akan terus dipeetahankan. Untuk itu UMSU akan terus membangun sinergi dengan berbagai pihak, khususnya institusi TNI dan Polri.

Sebelumnya, Rektor bersama dengan Ketua Majelis Ulama Indonesia, Kota Medan, Prof. Mohammad Hatta dan sejumlah ulama, yakni, Buya Amiruddin MS, KH Zulfikar Hajar dan Ustadz Dr. Amhar Nasution melakukan kunjungan silarurahim ke Panglima Komando Operasi TNI Angkatan Udara I (Pangkoopsau I) Marsekal Muda TNI, Tri Bowo Budi Santoso disela kunjungan ke Lanud Suwondo Medan. Pertemuan silaturahim itu juga untuk memperkuat komitmen dan sinergitas dalam menjaga stabilitas keamanan dan menumbuhkan semangat kebersamaan.

(Pangkoopsau I) Marsekal Muda TNI, Tri Bowo Budi Santoso yang sebelumnya pernah bertugas di Medan menjadikan pertemuan itu juga menegaskan komitmennya untuk terus menggandeng ulama dan institusi pendidikan. “Tugas pertama saya masih safari subuh,” katanya yang selama bertugas di Medan dikenal dekat dengan para ulama dan tokoh agama serta masyarakat.

Panglima Komando Operasi TNI Angkatan Udara I (Pangkoopsau I) Marsekal Muda TNI, Tri Bowo Budi Santoso dan rombongan melaksanakan kunjungan ke Lanud Suwondo Medan. Kehadirannya disambut antusias ulama, tokoh agama dan masyarakat.

Dalam pertemuan silaturahim itu Marsekal Muda TNI, Tri Bowo Budi Santoso menjelaskan tugasnya sebagai Panglima Komando Operasi Angkatan Udara I atau disingkat Koops AU I . Menurutnya sebagai salah satu Komando Operasi TNI Angkatan Udara, tugasnya mencakup wilayah Indonesia bagian barat yang meliputi seluruh Sumatra, Kalimantan Barat, DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Yogyakarta. Koops AU I bermarkas di Halim Perdanakusumah Jakarta.

Sementara Ketua MUI Kota Medan, Prof Mohammad Hatta mengatakan, pihaknya akan selalu memberikan dukungan kepada TNI /Polri dalam melaksanakan tugas menjaga keamanan. Para ulama siap membantu menciptakan suasana kondusif di tengah masyarakat.

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here