Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara sukses meraih hibah Pekan Kreatifitas Mahasiswa (PKM) terbanyak di lingkungan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah I Sumatera Utara yang dibiayai oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Ada sebanyak 43 proposal PKM yang berhasil lolos dibiayai Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk berkompetisi di Pekan Ilmiah Nasional Tahun 2020Jumlah ini terbanyak di Lingkungan LLDikti, sekaligus menempatkan UMSU di urutan 24 di tingkat nasional dan urutan 4 PTS se Indonesia.

Rektor UMSU, Dr Agussani, MAP mengatakan, bangga dengan berbagai capaian prestasi yang diraih mahasiswa, meski dalam situasi pandemi Covid-19. Hal ini membuktikan semangat untuk menjadi yang terbaik yang ditunjukkan oleh mahasiswa masih terjaga dengan baik.

” Berbagai prestasi yang diraih mahasiswa sangat membanggakan. Kita bersyukur dengan prestasi yang diraih mahasiswa karena prestasi itu menjadi jawaban atas kepercayaan yang diberikan masyarakat kepada UMSU,” kata Rektor didampingi, Wakil Rektor III, Dr. Rudianto, MSi dan Student Research And Creative Center, Fatimah Sari, SPd, MPd, Sabtu (8/8).

Menurutnya, prestasi yang diraih sekarang merupakan bentuk pencapaian dari perjuangan dan komitmen dalam meningkatkan kualitas akademik mahasiswa. Prestasi mahasiswa juga tidak terlepas dari komitmen dan kerja keras seluruh pimpinan fakultas dan prodi atas dasar rasa kebersamaan dan juga dedikasi pada universitas.

“Bangun terus kebersamaan dan raih terus prestasi, ujarnya.

Saat ini universitas sedang konsen dalam peningkatan kualitas dan fasilitas dengan mengikuti perkembangan-perkembangan secara internasional. UMSU terus berupaya dengan sungguh-sungguh dan kerja keras untuk mewujudkan cita-cita menjadi universitas berkelas internasional.

Sementara, Ketua Student Research And Creative Center, Fatimah Sari, SPd, MPd mengatakan, ajang PKM bertujuan tidak hanya mengasah kemampuan menulis proposal saja, tetapi merupakan proses dalam pembelajaran sebagai mahasiswa,.

PKM menjadi wadah bagi mahasiswa untuk memgasah kemampuan menjadi pemimpin yang memiliki kemandirian serta menjadi pribadi kreatif dan inovatif. Selain itu PKM juga mengasah keberanian dan semangat berkomperisi serta kemampuan kerja sama, dan tanggung jawab

Lebih lanjut, untuk bisa memenangkan hibah, setiap proposal yang disusun harus memenuhi kriteria penilian yang disusun pihak kementerian dan kebudayaan. Proposal PKM yang dikirimkan harus benar-benar komperitif dan tidak ada batasan topik.

Dia berharap, pada ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional 2020, proposal yang didanai Kemendikbud bisa meraih hasil maksimal. “UMSU brrharap proposal yang didanai bisa mendapat penghargaan terbaik di ajang Pimnas,” katanya.

Print Friendly, PDF & Email

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here