Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara berhasil menorehkan berbagai prestasi membanggakan yang membawa kampus ini ke jajaran universitas top di level nasional.

Pada acara silaturahim virtual rektor dengan mahasiswa berprestasi terungkap, UMSU sukses disejumlah kompetisi nasional dan meraih hibah terbanyak Pekan Kreatifitas Mahasiswa, KBMI, PHP2D. Selain itu Tim Debat UMSU juga sukses meraih juara pertama di ajang debat Bahasa Inggris dan Indonesia nasional daring, serta di ajang Pilmapres 2020 menjadi salah satu wakil Sumut untuk tingkat nasional.

Rektor UMSU, Dr Agussani, MAP mengatakan, capaian prestasi yang diraih mahasiswa di berbagai even nasional sangat membanggakan, sekaligus mengharukan karena masih dalam suasana pandemi Covid-19.

“Saya merasa bangga berhadapan dengan orang-orang hebat yang telah memperjuangkan nama Universitas melalui prestasinya. Saya ucapkan terimakasih kepada seluruh TIM yang telah bekerja keras demi tercapainya prestasi yang sangat luar biasa ini,” ungkap Rektor UMSU, Dr Agussani, MAP yang didampingi, Wakil Rektor I, Dr. Muhammad Arifin, SH, M Hum, WR II, Dr Akrim, SPdI, MPd, WR III, Dr Rudianto, MSi, Sekertaris Universitas, Gunawan, SPdI, MTH, Kamis (13/8). Turut hadir pimpinan fakuktas, pimpinan lembaga dan para mahasiswa berprestasi.

Dijelaskan dia, di tengah suasana keprihatinan akibat pandemi Covid-19, para mahasiswa masih menunjukkan semangat yang begitu luar biasa untuk mengikuti kompetisi dan meraih prestasi. Selain itu, prestasi ini , tidak terlepas dari pembinaan para wakil rektor, dosen dan lembaga yang terkait.

“Pandemi ini tak menjadi alasan dan menyurutkan semangat kita untuk terus berproses dan berkarya. Hal ini tentunya didasarkan dan dilahirkan dari tim yang begitu solid dengan rasa kekeluargaan dan rasa memiliki,” katanya.

WR III, Dr. Rudianto, MSi, menjelaskan, kegiatan silaturahim virtual bertujuan mempertemukan mahasiswa berprestasi, dosen pendamping , lembaga dan tim yang berjuang pada setiap kompetisi yang telah berhasil di raih dengan pimpinan universitas Muhammadiyah Sumatera Utara sebagai bentuk dukungan dan motivasi bagi para mahasiswa.

Sebelumnya, Ketua SRCC, Fatimah Sari Siregar M.Hum menjelaskan, untuk bidang PKM, prestasi yang diraih UMSU terus meningkat. Tahun 2018 mendapatkan 18 proposal yang di danai, 2019 sebanyak 38 proposal, dan pada tahun 2020 ada 43 proposal yang berhasil didanai oleh Kemendikbud.

“Pencapaian ini menghantarkan UMSU di peringkat pertama di LLDIKTI Wilayah 1 Sumatera Utara, peringkat 4 PTS Se Indonesia, peringkat satu PTS dan PTN di Sumut, peringkat ke tiga PTM se Indonesia dan peringkat ke 24 perguruan tinggi se Indonesia, ujarnya.

Pada kompetisi PHP2D UMSU berhasil menempatkan 2 tim yang di danai oleh Kemendikbud, yakni dari fakuktas pertanian dengan nilai sebesar Rp.35 juta, dan fakultas Ekonomi dan Bisnis berhasil didanai Kemendikbud sebesar 18 juta. Pada PHP2D setiap Perguruan Tinggi hanya diperbolehkan mendapatkan pendanaan untuk dua tim dan Alhamdulillah UMSU berhasil mendapatkannya, ujarnya.

Untuk pemilihan mahasiswa berprestasi (PILMAPRES) berhasil diraih mahasiswa Fakultas kedokteran atas nama M. Ashil yang telah melewati beberapa tahapan dan mendapatkan nilai tertinggi. “Saat ini kita sedang mengikuti tahapan yang menjadi persyaratan PILMAPRES di tingkat Nasional,untuk pelaksanaan PILMAPRES tingkat Nasional akan dilaksanakan pada bulan Desember 2020,” katanya.

Sedangkan, Dewi Andriani MM selaku ketua PUSKIBI UMSU menyebutkan untuk kegiatan KBMI (kegiatan Bisnis Manajemen Mahasiswa Indonesia), UMSU berhasil mendapatkan 7 proposal yang didanai dengan total 100 juta rupiah. Prestasi ini mengantarkan UMSU di peringkat pertama perguruan tinggi di Sumatera.

Sementara, Muhammad Rafy selaku pelatih tim Debat UMSU menyebutkan di tahun 2020 khususnya di masa pandemi ini, UDS UMSU berhasil menjuarai beberapa kompetisi nasional, di antaranya 1st Runner up SEO Universitas Riau, Juara I Kompetisi debat daring Bahasa Indonesia Genta Wiyata Riau, Juara I Kompetisi debat daring Bahasa Indonesia di Aceh, Juara I Kompetisi debat daring Bahasa Indonesia BEM Fisip UNRI, 3rd Runner Up of Soved 2020.

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here