Sebanyak 80 perguruan tinggi dari Australia dan sejumlah Negara Asia, India, Bangladesh dan Filipina serta universitas ternama Indonesia mengikuti kompetisi debat internasional yang digelar Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

UMSU Internasional Debat Open 2020 digelar secara virtual mulai 10 s/d 13 September 2020 dan di buka langsung oleh Rektor UMSU, Dr Agussani, MAP diwakili oleh Wakil Rektor III Dr. Rudianto S.Sos M.Si, Kamis, (10/9)

Turut hadir Kepala Biro Kemahasiswaan dan Alumni Radiman SE., M.Si, Kepala Biro Humas dan Protokoler Dr. Ribut Priadi M.I.kom, Pembina UKM UMSU Debating Society Rafiqa Nalar Rizky, Pelatih UKM UDS Muhammad Rafy.

Wakil Rektor III, Rudianto menjelaskan kompetisi debat bukanlah yang pertama kali digelar di UMSU. Sebelumnya di tahun 2017 juga sudah melaksanakan UMSU Debate Open dengan skala nasional bekerjasama UKM UMSU Debating Society.

Pada Tahun 2020 di tengah situasi pandemi yang dialami secara global UMSU menggelar kompetisi debat dengan skala yang lebih besar yaitu UMSU Internasional Debate Open 2020. Tujuannya ingin meningkatkan pemikiran yang kritis, kemampuan Intelektual dan kemampuan publik speaking dari seluruh peserta dan khususnya mahasiswa UMSU sendiri.

“Ajang ini juga sebagai persiapan ikut kompetisi di tingkat nasional dan Internasional dimasa yang akan datang, ujarnya.

Lebih lanjut, lomba debat Bahasa Inggris yang diikuti banyak perguruan tinggi nasional dan internasional ini cukup membanggakan. Kehadiran para tim debat dari perguruan tinggi ternama di UMSU yang berpartisipasi dalam kompetisi debat akan menghidupkan suasana kompetisi.

Alhamdulillah pada kompetisi ini kita berhasil mendapatkan peserta berjumlah 84 tim dari berbagai Negara seperti Australia, Jepang,Malaysia, Kanada, Zimbabwe, Nigeria, Indonesia dan beberapa Negara Asia lainnya,”katanya

Saya turut bangga dan memberikan apresiasi yang sangat luar biasa keapada panitia dari UMSU debating society yang berkolaborasi dengan IT MATERS yang telah bekerja keras dalam melaksanakan event ini.kami berharap kegiatan dapat berjalan dengan baik sebagaimana mestinya dengan menjunjung tinggi sportifitas, sehingga harapannya dapat menghasilkan juara yang berkualitas dan berkompeten. Ujarnya

Ketua Panitia UMSU Internasional Debate Open Fiqi Ilham dalam laporan nya mengatakan kegiatan UMSU Internasional Debate Open ini merupakan event debat terbesar skala Internasional yang pernah dilaksanakan UMSU. Dimana kegiatan ini dilaksanakan secara Virtual dari tanggal 10,12-13 September 2020.

Fiqi merasa bersyukur berkat kerja keras panitia berhasil mencapai target peserta yaitu sebanyak 84 tim yang diikuti oleh berbagai Negara baik dari Asia, Afrika, Amerika dan Australia.

Dalam menunjang kualitas kompetisi panitia menghadirkan Tim juri yang berstandar Internasional yaitu dari Taylor’s University Malaysia, Australian University, Rastreeya Vidyalaya Collage of Enginering India, Institut Teknologi Bandung Indonesia, University of Melbourne Australia, Ujarnya.

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here